Selamat Datang di
Pusat Layanan AXIS

Kamu perlu bantuan apa?

Masukkan kata kunci pencarian
Apa yang membedakan registrasi kartu prabayar sekarang dengan registrasi sebelumnya?



Apakah registrasi kartu prabayar ini berlaku untuk pelanggan baru saja?

Tidak. Registrasi kartu prabayar ini wajib diikuti oleh calon pelanggan/pelanggan baru dan pelanggan lama.

Apakah pelanggan dapat melakukan sendiri proses registrasi kartu prabayar?

Ya, calon pelanggan dan pelanggan lama dapat melakukan sendiri proses registrasi kartu prabayar dengan syarat menyampaikan NIK, nomor KK sesuai KK & KTP yang tercatat di Ditjen Dukcapil.

Apakah jawaban ini membantu kamu?

Untuk registrasi kartu AXIS kamu cukup siapkan KTP dan Kartu Keluarga. Lakukan cara mudah berikut ini untuk proses registrasi:

Ketik : DAFTAR#NIK#nomorKK(harus sesuai dengan yang tertera pada KK) kirim ke 4444
Contoh: DAFTAR#1234567891011134#5566778899110022 kirim ke 4444

Apabila kamu mengalami kendala saat registrasi, silakan hubungi Customer Service AXIS melalui Twitter @ask_AXIS, cs@axisnet.id atau Call Center 838.
Kamu juga bisa menghubungi layanan Call Center Ditjen Halo Dukcapil Kemendagri di 1500537. 

Apakah jawaban ini membantu kamu?

Apa yang dimaksud dengan Registrasi Pelanggan Prabayar?

Registrasi Pelanggan Prabayar merupakan pendaftaran identitas diri yang wajib dilakukan oleh calon pelanggan dan pelanggan lama kartu prabayar yang datanya belum divalidasi (β€œPelanggan”) dengan menggunakan data identitas kependudukan yang valid sebagaimana yang tercatat di Direktorat Jenderal Kependudukan & Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (β€œDitjen Dukcapil”).  

Apa tujuan dan manfaat dilakukannya registrasi kartu prabayar bagi pelanggan jasa telekomunikasi ini?

  1. Memberikan perlindungan kepada masyarakat pengguna jasa layanan telekomunikasi terhadap tindakan kejahatan dan aksi-aksi penyalahgunaan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab (kejahatan terorisme, penipuan,informasi spamming, kejahatan siber) dan sebagainya, sehingga masyarakat/pelanggan juga semakin nyaman dalam menggunakan jasa layanan telekomunikasi.
  2. Kemudahan penyediaan layanan bagi pelanggan layanan telekomunikasi misalnya untuk transaksi online dan non tunai.
  3. Data pelanggan tersebut dapat digunakan untuk kepentingan keuangan inklusif atau penyaluran dana atau bantuan pemerintah dan hal hal lain sejenisnya 

Apakah jawaban ini membantu kamu?

Apakah registrasi kartu prabayar juga bisa dilakukan di XL Center?

Ya, pelanggan juga bisa datang ke gerai-gerai milik penyelenggara jasa telekomunikasi atau ke gerai mitra penyelenggara jasa telekomunikasi dengan membawa persyaratan untuk melakukan registrasi.

Persyaratan apa yang harus disiapkan pelanggan untuk melakukan registrasi kartu prabayar?
Persyaratan yang harus disiapkan pelanggan yaitu:
  • Bagi WNI (Warga Negara Indonesia):
    - KTP-Elektronik
    - Kartu Keluarga (KK) 
  • Bagi WNA (Warga Negara Asing):
    - Paspor
    - KITAP (Kartu Ijin Tinggal Tetap)
    - KITAS (Kartu Ijin Tinggal Sementara) 

Informasi apa saja di dalam KK & KTP elektronik yang dibutuhkan untuk melakukan registrasi kartu prabayar?
Informasi yang dibutuhkan adalah:
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) terdiri 16 digit
  • Nomor Kartu Keluarga terdiri 16 digit
Apakah calon pelanggan dan pelanggan lama yang belum memiliki KK dan KTP elektronik juga dapat melakukan registrasi?
Ya dapat. Jika belum memiliki KTP elektronik tetap dapat melakukan registrasi dengan menggunakan NIK yang informasinya terdapat dalam KK.
Jika belum memiliki KK, tidak dapat melakukan registrasi.

Bagaimana cara melakukan registrasi kartu prabayar?
Cara melakukan registrasi XL Prabayar adalah:
  • Untuk calon pelanggan/pelanggan baru, ketik SMS : DAFTAR#NIK#NomorKK kirim ke nomor 4444
  • Untuk calon pelanggan lama, ketik SMS : ULANG#NIK#NomorKK kirim ke nomor 4444

Apakah jawaban ini membantu kamu?

Bagaimana cara melakukan registrasi kartu prabayar bagi WNA?

WNA dapat melakukan registrasi kartu prabayar dengan cara mendatangi gerai penyelenggara jasa telekomunikasi atau gerai mitra penyelenggara jasa telekomunikasi dengan membawa kartu identitas diri berupa paspor/KITAS/KITAP, selanjutnya petugas gerai akan mencatat nama, nomor paspor/KITAS/KITAP, kewarganegaraan serta tempat dan tanggal lahir.

Benarkah ada proses validasi data bagi calon pelanggan dan pelanggan lama yang melakukan registrasi kartu prabayar ini?
Benar. Proses validasi adalah bagian dari proses registrasi kartu prabayar. Dalam proses ini data identitas diri pelanggan akan divalidasi keabsahannya dengan data yang tercatat di Ditjen Dukcapil dengan mekanisme pengiriman SMS ke nomor 4444 dan diteruskan ke sistem Ditjen Dukcapil.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses validasi tersebut?
Validasi merupakan bagian dari proses registrasi yang berlangsung maksimal 1x24 jam.
Bila ada gangguan sistem pada proses registrasi, apakah aktivasi nomor tetap dapat dilakukan?
Aktivasi tetap dapat dilakukan. Selanjutnya Pelanggan/Calon Pelanggan secara berkala melakukan proses registrasi sampai berhasil.
Mulai kapan registrasi pelanggan ini diberlakukan?
Kewajiban melakukan registrasi kartu prabayar efektif berlaku mulai 31 Oktober 2017
Kapan batas akhir registrasi ulang kartu prabayar bagi pelanggan lama?
Batas akhir registrasi ulang kartu prabayar bagi pelanggan lama adalah tanggal 28 Februari 2018.

Apakah jawaban ini membantu kamu?

Apakah dampaknya jika pelanggan tidak melakukan registrasi ulang?

Penyedia jasa telekomunikasi akan melakukan pemblokiran bertahap sebagai berikut:

  • Pemblokiran layanan panggilan keluar (outgoing call) dan layanan pesan singkat keluar (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalendar sejak tanggal pemberitahuan diberlakukan ketentuan registrasi ulang.oleh penyelenggara jasa telekomunikasi
  • Pemblokiran layanan panggilan masuk (incoming call) dan layanan pesan singkat masuk (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalendar sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin pertama
  • Pemblokiran layanan internet jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalendar sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin kedua

Apa yang harus dilakukan bila pelanggan mengalami kesulitan melakukan registrasi?
Pelanggan dapat menghubungi Customer Service AXIS melalui Twitter @ask_AXIS atau E-mail cs@axisnet.id atau Call Center 838.

Apa yang harus dilakukan bila pelanggan mengalami kesulitan atau kendala dalam data kependudukan (contoh: NIK tidak ditemukan)?
Jika pelanggan mengalami kendala data kependudukan, silakan menghubungi layanan pelanggan Ditjen Dukcapil atau kunjungi www.dukcapil.kemendagri.go.id atau melalui Call Center 1500537 (pada hari dan jam kerja).

Apakah jawaban ini membantu kamu?

Apakah ada sanksi bagi pelanggan yang tidak melakukan registrasi?

Ya, ada sanksi bagi pelanggan yang tidak melakukan proses registrasi.
Untuk calon pelanggan, kartu tidak dapat aktif. Untuk pelanggan lama, akan dilakukan pemblokiran secara bertahap.  

  • Pemblokiran layanan panggilan keluar (outgoing call) dan layanan pesan singkat keluar (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalendar sejak tanggal pemberitahuan diberlakukan ketentuan registrasi ulang.oleh penyelenggara jasa telekomunikasi 
  • Pemblokiran layanan panggilan masuk (incoming call) dan layanan pesan singkat masuk (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalendar sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin pertama
  • Pemblokiran layanan internet jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalendar sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin kedua

Apakah ada batasan jumlah nomor yang dapat diregistrasi untuk setiap calon pelanggan dan pelanggan lama?

Jumlah nomor yang dapat diregistrasi oleh calon pelanggan dan pelanggan lama dapat diregistrasi oleh pelanggan yang bersangkutan (self registration) maksimal 3 (tiga) nomor untuk setiap NIK pada setiap penyelenggara jasa telekomunikasi. Jika lebih dari 3 nomor, maka nomor ke-4 dan seterusnya dapat diregistrasi melalui gerai penyelenggara jasa telekomunikasi atau gerai mitra penyelenggara jasa telekomunikasi. 

    Bagaimana dengan nomor atas nama korporasi (bukan perorangan)?

    Apakah tetap harus melakukan registrasi dan hanya boleh mengaktifkan 3 (tiga) nomor dalam 1 (satu) penyelenggara jasa telekomunikasi? Atau mengikuti aturan sesuai ketentuan perorangan (harus datang ke gerai dsb)?Mekanisme registrasi untuk nomor korporasi tetap didaftarkan atas nama pelanggan (orang-perorangan). Untuk registrasi nomor korporat dilakukan oleh pejabat korporasi yang bertanggung jawab dan jumlahnya tidak dibatasi.

    Apakah jawaban ini membantu kamu?

    Kamu dapat melakukan berbagai cara ini untuk mengetahui nomor kode PUK AXIS:
    • Melalui UMB Akses *123# : Pilih MyInfo > Info kartu AXIS-ku > Detail Nomor AXIS Anda > Cek Profile > pilih PUK
    • Melalui AXISnet Akses aplikasi AXISnet: Info & Bantuan > PUK > Ikuti petunjuk selanjutnya  
    • Melalui 818 Hubungi 818: Pilih menu PUK > Ikuti petunjuk selanjutnya - Call Center 817 Hubungi Layanan Pelanggan AXIS di 883

    Apakah jawaban ini membantu kamu?

    Kamu dapat mengecek masa aktif kartu AXIS dengan cara:
    • Melalui Aplikasi AXISNET, informasi tentang masa aktif dapat kamu lihat pada kolom sisa pulsa/remaining balance.
    • Melalui UMB, ketik *123#

    Apakah jawaban ini membantu kamu?

    Untuk upgrade kartu SIM ke 4G, silakan kunjungi XL Center terdekat dengan membawa kartu SIM lama dan kartu identitas asli kamu. Sebelumnya, pastikan kamu sudah melakukan registrasi kartu XL prabayarmu.

    Apakah jawaban ini membantu kamu?

    Untuk mengetahui jangkauan 4G AXIS , kamu bisa mengakses halaman Coverage Area di website kami kemudian masukkan nama kota atau lokasi yang ingin kamu cari.

    Apakah jawaban ini membantu kamu?

    Jika ingin mengaktifkan kembali kartu AXIS yang telah melewati masa tenggang, kamu bisa melakukan dengan cara di bawah ini:
            1. Secara Online
                β€’ Siapkan persyaratan berikut:
                    a. KTP/Kartu Keluarga
                    b. SIM Card lama (bilang hangus)
                    c. Surat Keterangan Hilang dari Polisi (bila hilang)
                    d Nomor HP untuk video call
                β€’ Kunjungi link berikut ini https://www.xl.co.id/id/bantuan/xlcenter
                β€’ Isi eform dengan lengkap
                β€’ Pengambilan kartu tetap di XL Center
            
            2. Datang langsung ke XL Center
                β€’ Siapkan persyaratan berikut:
                    a. KTP/Kartu Keluarga
                    b. SIM Card lama (bilang hangus)
                    c. Surat Keterangan Hilang dari Polisi (bila hilang)
                β€’ Apabila Anda tidak bisa ke XL Center, bisa diwakilkan oleh orang lain. Pastikan membawa surat kuasa bermeterai 6.000 dan eKTP asli kamu dan perwakilan Anda (Pihak Pertama dan Pihak Kedua).
                β€’ Bila di wakilkan akan ada tahapan Video Call dengan pemilik nomor asli (bila kartu hilang).
                β€’ Demi perlindungan data pelanggan, proses ganti kartu hilang akan melalui proses validasi lengkap yang memerlukan waktu +/- 2 jam.
                β€’ Lokasi XL Center : https://www.xl.co.id/id/bantuan/xlcenter-lokasi

    Apakah jawaban ini membantu kamu?

    Jika kartu AXIS hilang, kamu tidak perlu khawatir. Hubungi Call Center kami di 817 untuk memblokir kartu AXISmu dengan melakukan verifikasi data terlebih dahulu.

    Apakah jawaban ini membantu kamu?

    Jika mengalami masalah dalam aktivasi paket, kemungkinan nomor XLmu belum diregistrasi ulang.
    Coba lakukan registrasi ulang dengan cara berikut:
    SMS, ketik ULANG#NIK#No.KK kirim ke 4444. Pastikan nomor KTP dan KK kamu sesuai.

    Apakah jawaban ini membantu kamu?

    Image Hubungi
    Artikel Lainnya
    Wave Seo

    Simak Cara Daftar Kartu perdana AXIS Berikut, Gampang Banget!

    Demi lancar berkomunikasi menggunakan smartphone, tentunya kamu harus memiliki kartu perdana. Kartu perdana yang mampu mengerti dan memenuhi segala kebutuhanmu hanya AXIS. AXIS adalah provider telekomunikasi untuk semua kalangan khususnya anak muda. Karakter anak muda yang ingin layanan serba cepat dan harga lebih murah ini membuat AXIS memang jadi pilihan terbaik. Kamu hanya perlu beli kartu perdana AXIS. Kemudian lakukan cara daftar kartu perdana AXIS yang sangat mudah seperti berikut.

    1. Melalui Pesan Pop Up Otomatis

    Cara mudah daftar kartu perdana AXIS yang pertama yaitu melalui pesan pop up yang otomatis muncul di layar smartphone. Pesan ini akan seketika muncul ketika kamu memasang kartu AXIS kemudian mengaktifkan smartphone. Dalam hitungan beberapa detik, akan muncul pesan pop up yang meminta kamu untuk melakukan registrasi. Registrasi ini harus kamu lakukan untuk bisa menggunakan kartu AXIS dengan maksimal. Isikan data yang diminta dengan benar sampai akhir pertanyaan. Setelah pengisian data selesai, kartu AXIS sudah aktif dan bisa digunakan sebagai kebutuhan. Terkadang, pesan pop upotomatis ini bisa jadi tidak muncul saat kamu mengaktifkan smartphone. Kamu tidak perlu panik karena masih bisa melakukan registrasi kartu dengan cara lainnya.

    2. Melalui SMS ke 4444

    Jika pesan pop up saat pertama mengaktifkan smartphone tidak muncul, cara daftar kartu yang kedua ini bisa kamu lakukan. Kamu bisa mendaftarkan kartumu melalui SMS yang dikirimkan ke 4444. Format SMS yang diketik yaitu ULANG#Nomor Induk Kependudukan(NIK)#Nomor Kartu Keluarga (KK). Kemudian kirim format SMS tersebut ke 4444. Tunggu beberapa saat untuk mendapat balasan dari 4444. Selanjutnya ikuti petunjuk yang ada dalam balasan dari 4444 tersebut. Jika perlu, lakukan nyala ulang smartphone setelah proses registrasi selesai. Hal ini dimaksudkan agar kamu bisa menikmati fitur AXIS dengan lancar.

    Saat daftar kartu AXIS, kamu harus mengisikan data yang valid. Apalagi dari Kominfo sudah ada peraturan untuk menggunakan NIK dan Nomor KK untuk registrasi setiap kartu yang digunakan. Ada konsekuensi yang harus kamu tanggung jika memasukkan data registrasi kartu dengan palsu. Ketika kamu nanti menjumpai masalah dengan penggunaan kartu, permintaanmu akan sulit ditanggapi karena pengecekan sulit dilakukan. Operator AXIS yang bertugas bisa jadi akan meminta data valid yang kamu isikan saat daftar ulang kartu dan dicek dengan identitasmu. Karenanya, berikan data valid saat daftar kartu perdana agar kamu tidak kesulitan sendiri di kemudian hari.

    Untuk kamu yang akan berlangganan AXIS, tidak perlu ragu melakukan daftar kartu. Cara daftar kartu perdana AXIS sangat mudah untuk dilakukan. Ditambah lagi, kamu juga akan mendapatkan banyak bonus dan paket promo menarik lainnya dari AXIS.Yuk, lakukandaftar kartu AXIS sekarang!

    Cookies Image

    Kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda menelusuri situs kami, untuk merekomendasikan produk yang sesuai, dan untuk menampilkan iklan yang relevan. Untuk mengetahui lebih lanjut informasi terkait cookie, silakan merujuk pada kebijakan privasi kami.