image icon

Download AXISNET untuk dapat banyak bonus!

Blog

Share

Cara Menjadi Pembalap MotoGP

22 April 2022

LAINNYA

Cara Menjadi Pembalap MotoGP

Share

Kamu suka naik motor dan hobi berkendara? Terutama, kamu yang bikers pasti mau jadi pembalap MotoGP. Bisa, kok, asalkan kamu tahu gimana cara menjadi pembalap MotoGP, karena perlu persiapan yang matang. Salah satu syaratnya yaitu kamu harus punya otot yang kuat.

Pentingnya Kekuatan Otot Buat MotoGP
Saat melihat pembalap MotoGP, pasti kamu merasa kalau itu keren banget. Terutama, pas lagi overtaking alias menyalip di tikungan. Salah satunya seperti Marc Marquez yang lihai dalam menyalip pembalap MotoGP saat berada di tikungan.

Nah, sebenarnya nggak cuma jago manuver, seorang pembalap MotoGP juga harus menahan beban besar. Hal tersebut juga terlihat dari video unggahan di website resmi MotoGP. Dalam video terlihat otot yang digunakan ketika MotoGP sedang berlangsung.

Aktivitas yang Dilakukan Otot Saat MotoGP
Secara keseluruhan, ada tiga hal yang dilakukan oleh otot ketika mengendalikan motor di saat MotoGP berlangsung.
Aktivitas tersebut mulai dari braking (pengereman), cornering (berbelok), serta accelerating (akselerasi atau berpacu) ketika sedang berada di trek lurus. Semuanya sama-sama perlu kekuatan ekstra, loh.

Cara Kerja Otot Pembalap di Arena MotoGP
Jadi, ada tiga aktivitas yang dilakukan otot, yaitu pengereman, berbelok dan akselerasi.

Ketika mengerem, otot seorang pembalap bakal bertumpu di bagian bahu, dada, dan lengan. Di samping itu, pembalap MotoGP udah biasa menahan tekanan hingga 1,8 G (Gravity). Tekanan tersebut setara dengan membawa beban seberat dua kali lipat dari berat badannya.

Lalu, ketika berbelok, pembalap MotoGP bakal menggunakan kaki, inti, hingga tulang punggung buat mengunci badannya ke motor. Selain itu, pembalap MotoGP nggak boleh terlalu tegang untuk otot lengannya, tujuannya biar bisa dapetin feel-nya pas lagi berbelok.

Sementara, untuk akselerasi, pembalap MotoGP bakal perlu menggunakan otot di punggung, bahu, dan lengan. Selain itu, ketika akselerasi, pembalap MotoGP harus menahan tekanan sebesar 1,1 G. Tekanan tersebut setara dengan menarik badan pas lagi pull up.

Nah, itu tadi cara menjadi pembalap MotoGP. Tenang aja, kamu bisa mulai dari sekarang buat memperkuat otot kamu. Ada banyak aktivitas fisik yang bisa kamu lakukan biar otot jadi semakin kuat.

Baca juga : Cara Membuat CV yang Baik Biar Langsung Dilirik Perusahaan

Cara Memperkuat Otot dengan Aktivitas Fisik
Aktivitas pertama yang bisa dilakukan adalah angkat beban. Kegiatan ini bisa dilakukan di rumah atau di gym. Tapi kamu nggak harus nge-gym, kok. Ada aktivitas sederhana seperti menaiki tangga yang juga bisa bikin otot jadi kuat. Selain itu, bersepeda juga bagus buat memperkuat otot kamu.

Di samping itu, kamu yang suka hiking juga bisa dapetin keuntungan, yaitu membuat otot semakin kuat. Apalagi, perjalanan hiking pasti naik turun dengan jarak jauh, kan.

Sementara, aktivitas lainnya yang bisa menambah kekuatan otot adalah push up dan sit up. Nah, kalau ini bisa kamu lakukan di rumah aja. Bahkan bisa kamu lakukan di kamar, saat pagi atau mungkin sore hari. Begitu ototmu jadi kuat, kamu selangkah lebih dekat buat jadi pembalap.

Bergabung dengan Akademi Balap Lokal
Hal lain yang juga bisa kamu lakukan untuk menjadi pembalap MotoGP adalah dengan masuk ke akademi balap. Di Indonesia, ada cukup banyak akademi balap yang berkualitas. Nantinya kamu akan diajarkan berbagai pengetahuan dasar tentang balapan termasuk bagaimana cara menjaga kondisi fisik dan juga meningkatkan skill di landasan pacu.

Kamu juga jadi lebih mudah mengikuti berbagai perlombaan balap amatir. Makin sering ikut perlombaan, kepekaanmu di landasan pacu akan lebih terasah. Kamu juga belajar mengontrol emosi dan memahami kelebihan serta kekurangan lawan. Kalau sering menang, lambat laun kamu bisa mengikuti kompetisi profesional.

Nggak bisa dipungkiri olahraga balapan ini butuh modal yang cukup besar. Kalau kamu nggak punya budget besar, jangan berkecil hati. Ada banyak sponsor yang memantau para pembalap lokal. Kalau kamu memberikan performa terbaik di setiap balapan, maka dipastikan ada sponsor yang akan melirikmu.

Yang nggak kalah penting, pastikan juga rajin berlatih dan mengelola emosi. Untuk menjadi pembalap yang berkualitas, butuh pemikiran yang matang dan juga ketenangan supaya bisa mengambil keputusan dengan cepat.

Selalu Update Informasi Terbaru Seputar Moto GP
Jadi, dengan melakukan berbagai aktivitas tadi, kamu bisa melatih otot kamu biar kuat. Sebab, kamu wajib punya otot kuat untuk bisa jadi pembalap hebat di MotoGP. Makanya, kamu juga harus selalu ikuti update terbaru dari MotoGP.

Kan, kamu jadi tahu cara menjadi pembalap MotoGP. Selain itu, jangan sampai ketinggalan update MotoGP lainnya. Pastikan selalu pakai paket internet AXIS yang super hemat untuk mengakses berbagai info seputar olahraga balap motor dan juga berita terbaru di dunia MotoGP!

Artikel Lainnya
Cookies Image

Kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda menelusuri situs kami, untuk merekomendasikan produk yang sesuai, dan untuk menampilkan iklan yang relevan. Untuk mengetahui lebih lanjut informasi terkait cookie, silakan merujuk pada kebijakan privasi kami.

baca selengkapnya