Blog

Share

Makan Makanan Penghilang Stres

25 June 2021

Daripada Spaneng, Makan Makanan Penghilang Stres Ini

Share

Stres bisa dibilang jadi musuh utama buat kita semua. Banyak orang yang beranggapan salah satu obat untuk menghilangkan stres adalah dengan makan. Namun, kamu harus hati-hati, tidak semua makanan baik untuk dikonsumsi dikala stress.

Saat kamu mengalami stress, tubuh akan menghasilkan hormon kortisol. Hormon ini lah yang memunculkan sensasi ngidam. Kamu pun jadi ingin makan makanan yang manis dan berkalori. Tapi, tahu nggak sih kamu semakin banyak kamu makan junkfood, semakin memburuk pula mood kamu. Karena itu, selain melakukan manajemen stres yang baik, kamu juga bisa konsumsi makanan penghilang stres berikut ini.

Alpukat


Siapa sangka, buah tropis yang biasanya jadi topping es ini bisa jadi makanan yang dapat menghilangkan stres. Alpukat memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, seperti omega 3 dan omega 6. Buah ini juga kaya akan zat glutathione atau zat senyawa yang bisa mereduksi penyerapan lemak kolesterol jahat dalam usus.

Tidak hanya itu, buah alpukat juga kaya akan kandungan antioksidan, asam folat, dan vitamin E yang bagus buat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Tapi, perlu kamu ingat, alpukat juga merupakan sumber lemak. Kalian harus bijak dalam mengatur porsi yang kalian konsumsi. Alpukat juga akan lebih enak jika divariasikan dengan makanan sehat lainnya. Selamat makan!

Beri-berian


Ketika stres, daripada ngemil junkfood, lebih baik ganti cemilanmu ke buah beri-berian, yuk. Buah beri memiliki banyak macam yang bisa kalian pilih, seperti strawberry, anggur, blueberry, dan lain sebagainya. Rasanya enak dan sangat baik untuk tubuh.

Beri-berian merupakan salah satu sumber vitamin A dan vitamin C. Antioksidan yang terkandung dalam buah ini juga berfungsi untuk menurunkan resiko kanker dan menurunkan hormon kortisol yang menjadi dalang dari stres. Nggak cuma itu, buah beri juga kaya akan kandungan serat yang pastinya bagus banget buat menjaga sistem metabolisme tubuhmu. Jadi, banyak-banyakin deh mengemil buah beri-berian.

Kacang Mede


Kacang mede yang dipanggang memang punya citarasa gurih dan pastinya bikin kamu ketagihan banget. Nggak cuma enak, kacang mede ternyata juga jadi salah satu makanan untuk menghilangkan stres yang manjur banget.
Kacang mede dianggap sebagai cemilan terbaik buat menurunkan kadar stres dibandingkan cemilan snack lainnya. Soalnya, kacang gurih ini memiliki kandungan zat zinc yang besar. Mengonsumsi 1 ons kacang mede sudah bisa memenuhi 11 persen dari kebutuhan zat zinc harian buat tubuhmu. Katanya sih, kadar zinc di dalam tubuh yang terlalu rendah bisa mengakibatkan terganggunya mood hingga berujung pada stres atau depresi.
Tapi, tetap saja konsumsi kacang mede juga nggak boleh terlalu sering. Apalagi, buat kamu yang sedang diet. Soalnya, kacang mede memang punya kandungan lemak kolesterol yang lumayan tinggi.

Salmon


Tahukah kamu, ketika kamu stres, di dalam tubuhmu langsung terjadi lonjakan hormon kortisol dan adrenalin. Efeknya, bisa bikin jantungmu berdebar dan gampang terkena sindrom kecemasan. Nah, lonjakan kedua hormon stres itu bisa kamu tangkal dengan menyantap ikan salmon.

Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang berkhasiat menurunkan kadar hormon stres. Asam lemak ini juga dapat berfungsi sebagai anti peradangan yang baik untuk sistem peredaran darah. Hasilnya, kamu dapat terhindar dari berbagai penyakit yang terkait dengan sistem kardiovaskuler, seperti sakit jantung dan stroke.

Fungsi salmon sebagai makanan pencegah stres juga pernah dibuktikan di dalam studi di tahun 2011, lho. Studi tersebut mengambil para mahasiswa kedokteran dengan tingkat stres yang tinggi sebagai subjek penelitian. Beberapa dari mereka diminta buat minum suplemen omega 3 setiap hari. Hasil penelitian tersebut membuktikan mahasiswa kedokteran yang mengonsumsi suplemen tersebut mengalami penurunan tingkat stres. Bisa kamu biasakan makan ikan salmon mulai dari sekarang, nih.

Sayuran Hijau


Nggak cuma bagus buat mengatasi konstipasi, ternyata sayuran hijau juga punya khasiat buat menurunkan stres, lho. Contohnya, seperti daun bayam atau selada yang selain kaya akan serat ternyata juga jadi sumber asam folat. Asam folat punya peranan penting dalam memicu produksi dopamine. FYI, dopamine adalah zat kimia dari otak yang bisa memicu perasaan senang.

Produksi hormon dopamine yang berlimpah juga terbukti bisa bantu menurunkan level stres. Kamu juga jadi merasa lebih berenergi dan bisa berpikir dengan lebih jernih. Kalau saat ini kamu lagi stres berat, coba ingat-ingat kapan terakhir kali kamu makan sayuran hijau? Bisa jadi, pemicu stres dan moodmu yang berantakan disebabkan gara-gara kurang makan sayuran hijau.

Oatmeal


Oatmeal nggak cuma jadi makanan pengganti nasi yang ideal buat kamu yang lagi diet. Kandungan karbohidrat kompleks di dalam oatmeal ternyata juga punya peranan penting buat jaga moodmu supaya tetap stabil. Oatmeal bisa memicu produksi hormon serotonin yang berguna banget buat bikin moodmu naik. Kadar hormon serotonin yang seimbang di dalam tubuh bisa bantu mencegah kamu kena mood swing atau stres yang berlebihan. Kamu juga jadi lebih rileks dan bisa berpikir dengan lebih jernih. Selain itu, oatmeal juga bagus banget lho buat mengontrol kadar gula darah. Beda dengan nasi putih yang bisa bikin lonjakan gula di dalam darah, oatmeal bisa bantu supaya kadar gula darah di dalam tubuh lebih stabil.

Itu deh beberapa makanan penghilang stres yang bisa kamu coba. Lebih mantap lagi kalau kamu makan makanan di atas sambil streaming film favorit. Kamu juga bisa kok dengarkan musik supaya jadi makin rileks. Makanya, segera aktifkan paket internet AXIS supaya kegiatan melepaskan stresmu jadi semakin optimal.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Stress, Ini Penting Banget!

Artikel Lainnya
Cookies Image

Kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda menelusuri situs kami, untuk merekomendasikan produk yang sesuai, dan untuk menampilkan iklan yang relevan. Untuk mengetahui lebih lanjut informasi terkait cookie, silakan merujuk pada kebijakan privasi kami.

baca selengkapnya