image icon

Akses Vidio Premier mulai dari Rp.5.000!

Blog

Share

idul adha 2022

01 July 2022

LAINNYA

Lebih Bermakna, Ini Kegiatan yang Seru Buat Idul Adha 2022

Share

Bagi umat Muslim Idul Adha 2022 atau Idul Qurban adalah hari raya yang harus disambut dengan sukacita karena menjadi momen tepat untuk berbagi kepada sesama yang kurang beruntung. Dengan berkurban baik dalam bentuk kambing, domba maupun sapi, kamu sekaligus mengingat ketaatan Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT ketika diperintahkan untuk mengorbankan anaknya sendiri, Nabi Ismail AS. Ini menjadi teladan yang baik bahwa apapun itu kita diharapkan mampu mengikuti dan menjalankan yang sudah diperintahkan oleh Allah.


Nah, Idul Adha 2022 yang jatuh pada tanggal 9 Juli nanti rasanya akan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena beberapa alasan. Pertama, walaupun angka kasus Covid-19 melandai namun beberapa waktu terakhir mulai naik secara signifikan sehingga protokol kesehatan akan tetap dilakukan dan tingkat kewaspadaan nggak boleh kendor. Dengan kata lain, merayakan Idul Adha nggak akan sebebas beberapa tahun yang lalu. Kedua, maraknya penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak bikin banyak orang juga was-was saat berkurban. Perasaan macem ini bikin kamupun nggak bisa santai dan lepas ketika menyambut hiruk pikuk hari raya.

Tapi tenang sob, apapun kondisinya, selama dibawa happy aja bakalan tetap menyenangkan, kok. Idul Adha adalah momen untuk berkumpul dengan keluarga jadi udah pasti ada banyak hal seru dan menarik buat dilakukan. Biar libur Idul Adha 2022 ini lebih bermakna, coba deh kamu lakukan berbagai aktivitas di bawah ini. Bakal lebih rame kalo bisa melakukannya bareng sanak keluarga!

Berbagi daging qurban

Kegiatan pertama yang pasti akan kamu lakukan saat Idul Adha adalah berbagi daging qurban. Sehabis shalat Ied di masjid, panitia Idul Adha akan mulai melaksanakan penyembelihan hewan qurban dari masyarakat setempat. Sebelum “eksekusi” udah pasti penyembelih akan berdoa dan bertakbir dulu baru kemudian menyembelih hewan qurban dengan pisau tajam agar urat nadinya langsung putus. Kalau kamu kebetulan adalah bagian dari panitia atau remaja masjid, kamu bakalan sibuk banget, nih.

Selain memotong dan menimbang daging hewan qurban agar adil dan sama berat, kamu harus membagi-bagikannya kepada sang pemberi qurban, para tetangga dan juga orang tidak mampu. Alih-alih bikin capek kegiatan ini justru seru karena sambil berbagi kamu juga bisa cuci mata melihat keadaan lingkungan sekitarmu. Lumayan kan, kamu jadi bisa lepas sejenak dari rutinitas bekerja yang biasanya dari pagi hingga petang di depan komputer atau dalam kantor.

Masak dan makan bareng keluarga

Namanya Idul Adha pasti akan banjir daging sapi dan kambing. Dengan berkumpulnya seluruh anggota keluarga di rumah itu artinya kamu bisa bersama-sama menikmati sajian berbahan dasar daging. Eits, jangan mau makannya aja. Kamu juga bisa lho, bantuin mama, nenek, tante atau siapapun yang ada di dapur biar acara masak daging lebih seru dan rame. Pun nggak ahli masak seenggaknya kamu bisa dong ya bantuin potong daging, mengupas bawang atau giling bumbu.

Setelah berbagai sajian matang dan siap disantap, baru deh kamu bisa menatanya di meja dan panggil semua orang di rumah buat makan bersama. Kebayang nggak sih, bahagianya makan bersama seperti ini? Nggak semua orang beruntung kaya’ kamu yang memiliki keluarga lengkap yang bisa diajak merayakan hari raya. Nggak semua orang juga bisa menikmati menu lezat seperti yang kamu punya di meja makan. Selain mengenyangkan perut dan mengisi ulang semangat dengan kumpul keluarga, ternyata momen Idul Adha juga bikin kamu nggak lupa bersyukur.

Rekreasi ke tempat wisata

Selain berbagi daging qurban dan makan bareng keluarga besar, Idul Adha tahun ini bakalan semarak karena jatuh di hari Sabtu yang berarti kamu punya long weekend untuk diisi dengan berbagai kegiatan menghibur. Salah satunya adalah mengunjungi berbagai tempat wisata. Baik wisata wahana maupun alam keduanya sama-sama menyenangkan untuk dikunjungi mengingat kamu jadi bisa merefresh pikiran yang jenuh dan penat sehabis kerja tiap hari. Kamu bisa cari referensi dulu obyek wisata mana yang cocok sama kantong dan seleramu. 

Kalo rekreasi bareng anak-anak, tempat hiburan dengan banyak wahana yang aman dan menghibur bisa jadi pilihan seru. Main air dan berenang juga bakalan disukai oleh anak kecil yang hobi banget basah-basahan. Kamu siap aja bawa baju ganti yang banyak karena nggak seru kan, kalo kamu cuman nonton mereka main tanpa ikutan nyemplung?

Nah, kalo males main seperti itu tempat wisata alam atau bertemakan taman dan kebun binatang dapat menjadi opsi selanjutnya. Kamu yang suka jalan santai dapat menikmati pemandangan sekaligus menghirup udara segar yang jarang ada di perkotaan. Sambil kamu jalan-jalan, anak-anak bisa melihat keanekaragaman flora dan fauna yang ada di area tersebut. Tapi ingat ya, jangan lepas pengawasan biar acara rekreasi tetap aman sampai pulang nanti.

Ada beberapa tempat rekreasi keluarga yang asyik buat dikunjungi. Kalo kamu lagi ada di kota Malang, Batu Secret Zoo dan Jatim Park adalah pilihan yang bagus, santai dan lumayan terjangkau. Jika kamu lagi berada di Yogyakarta, mengunjungi kebun binatang Gembira Loka bikin liburanmu lebih bersemangat karena anak-anak pasti senang melihat koleksi binatang di sana. Nah, kalau lagi di kota hujan Bogor, kenapa nggak ngajakin mereka main ke Kebun Raya Bogor? Sekali-kali boleh dong ya, menjauh dari hiruk pikuk dan menikmati alam yang sejuk dan asri.

Satu hal yang perlu diingat adalah kamu tetep harus menjaga prokes atau protokol kesehatan dan juga jaga kesehatan kamu sendiri dan keluarga. Pasalnya, walaupun sekarang tempat wisata dibuka tapi virus nggak bakalan bisa dikendalikan kecuali kamu menjaga diri. Apalagi di tempat wisata kamu juga ketemu banyak orang bahkan berjubel. Pakai masker, rajin cuci tangan dan rutin semprotkan hand sanitizer, jaga jarak serta minum suplemen vitamin agar tubuh sehat dan fit selama liburan.

Staycation bareng keluarga

Males bersinggungan dengan banyak orang di tempat rekreasi tapi pengen punya liburan yang berkesan? Gampang! Kamu bisa melakukan staycation atau menginap di hotel favorit. Jangan dikira staycation hanya acara numpang atau pindah tidur karena suasana yang baru dan beda dari biasanya ini bikin mood kamu bagus, lho. Dan staycation juga nggak melulu nginep di hotel karena kalau bareng sama keluarga besar rasanya lebih nyaman bila kamu nyewa vila aja di tempat yang asri, sejuk dan tenang. Biar berasa bener-bener istirahat dan refreshing gitu karena lepas dari kebisingan kota.

Nah, saat kamu menginap di vila ada banyak hal yang bisa dilakukan biar suasana jadi lebih hidup dan rame. Pertama adalah masak-masak bareng. Walaupun emang pesen makanan lewat aplikasi lebih gampang dan dan nggak ribet tapi itu bikin kamu jadi kurang bonding sama keluarga. Tujuan liburan bersama saat Idul Adha tahun ini kan agar bisa kompak dan solid dengan orang-orang tersayang jadi kegiatan masak bareng justru direkomendasikan banget. Kamu bisa bagi tugas, misalnya para cowok yang bagian belanja dan nyiapin peralatan masaknya apalagi kalo mau bikin pesta BBQ kecil-kecilan. Sedangkan para cewek bagian mengolah bahan-bahan yang udah dibeli tadi. Jangan lupa harus ada yang bagian menata area makan biar bisa digunakan rame-rame.

Selain masak bareng, main game juga bisa jadi acara seru yang mengundang gelak tawa. Kamu bisa coba browsing game apa aja yang cocok buat dimainkan saat liburan bersama. Main kartu, truth or dare tebak-tebakan, apapun yang bikin semua orang senang. Kalau emang punya kamu juga bisa sih, bawa PS kesayanganmu buat dimainkan bareng sodara sambil nostalgia masa kecil saat kalian sering main bareng, lalu berantem kemudian, hehe. Syukur-syukur kalo di villa yang kamu sewa ada kolam renangnya. Kamu jadi bisa lomba renang sama anggota keluarga yang lain. Duh, udah kebayang banget kan, gimana serunya kalo staycation sama keluarga besar?

Biar nggak salah pilih penginapan atau villa, manfaatkan aplikasi pencari penginapan atau travelling buat menemukan referensi yang pas. Walaupun kamu nggak memesan villa dari aplikasi tersebut seenggaknya kamu jadi dapat informasi mengenai rating dan pendapat orang lain yang udah duluan ke sana. Hal ini untuk menghindari kekecewaan akibat villa atau penginapan yang dipilih ternyata nggak sesuai sama ekspektasi. Baik karena lokasinya yang ternyata nggak banget, kondisi bangunan yang kurang nyaman, ataupun servis pegawai yang bikin bete seharian.

Maraton drama korea

Nggak semua orang punya waktu dan budget buat liburan saat Idul Adha. Jangan kecewa, liburan juga kan nggak harus pergi kemana-kemana. Yang penting kamu santai dan melakukan hal yang beda dari rutinitas sehari-hari, itu udah bisa bikin kamu ngerasa lebih segar saat liburan selesai. Salah satu kegiatan murah meriah yang menghibur dan bisa kamu lakukan di rumah adalah maraton drakor alias drama Korea. 

Baca juga : Serunya Drama Korea Terbaru Ghost Doctor, Cocok Buat Maraton Nonton

Bukan rahasia lagi kalo drakor adalah salah satu tayangan yang paling digandrungi karena jalan cerita yang bikin hatimu teraduk-aduk atau memeras pikiranmu yang juga penasaran dengan teka-teki yang dihadirkan dalam tiap episodenya. Kalau hari biasa kamu bakalan capek dan males untuk nonton drama karena mending waktunya dipake buat tidur setelah kerja seharian penuh. Mumpung libur Idul Adha, habisin deh semua drakor yang selama ini masuk dalam daftar must-watched.
Ada beberapa drakor yang sayang banget buat kamu lewatkan. Coba cek list nya di bawah ini:

  • Sky Castle
    Drama ini pernah menjadi topik bahasan yang hot banget di negara asalnya maupun di Indonesia. Bahkan tiap episodenya ditunggu-tunggu karena penonton pada penasaran dengan lanjutan ceritanya yang rumit tapi menguras emosi. Sky Castle sendiri merupakan sebuah kawasan elit yang dihuni oleh empat keluarga dokter dan profesor lulusan tiga universitas terbaik Korea.

    Nggak banyak yang tahu bahwa ternyata walaupun kelihatan mentereng di depan, setiap keluarga memiliki latar belakang yang berbeda dengan konflik yang nggak sama. Namun karena obsesi masing-masing, setiap keluarga memiliki tekanan besar yang sama besar dan bikin persaingan antar keluarga makin sengit.

  • Reply 1988
    Drakor nggak selalu tentang kehidupan mewah atau si cantik yang berjodoh dengan si buruk rupa. Ada kalanya drama tersebut juga bercerita tentang kehidupan sehari-hari yang nampak nyata dan nyambung dengan kehidupanmu. Reply 1988 mengisahkan tentang lika-liku persahabatan 5 orang bernama Deok Sun, Jung Hwan, Sun Woo, Dong Ryong, dan Taek yang tinggal bertetangga di Ssangmundong sejak masih kecil.

    Tidak hanya menyoroti persahabatan, drama Korea terbaik ini juga menonjolkan kehangatan hidup bertetangga yang saling membantu satu sama lain. Kultur asli Indonesia banget, kan? Banyak cerita yang sangat relate dengan kehidupan sehari-hari. Konflik keluarga yang sederhana tapi dikemas dengan baik bikin kamu seolah ikut berada diantara pemeran yang bisa merasakan senang, sedih dan kecewa.

  • Life
    Drama Korea yang mengambil tema medis emang banyak banget. Tapi, nggak banyak yang menyoroti dilema dimana seorang dokter harus menyelamatkan nyawa pasien sesuai dengan sumpahnya atau menjalankan bisnis rumah sakit yang menghasilkan uang dan bikin dia jadi kaya. Life bercerita tentang seorang dokter UGD yang diperankan oleh Lee Dong Wook. Ia harus fokus dengan penanganan pasien dan di sisi lain menghadapi konflik dengan presiden rumah sakit yang lebih memikirkan bisnis.

    Konflik utama dari Life adalah antara idealisme menyelamatkan nyawa atau menghasilkan uang. Cerita yang sederhana ini berhasil dikemas dengan baik sehingga kamu dapat ikut merasakan ketegangan di tengah konflik yang terjadi. Kalau kamu jadi si dokter, kira-kira bakal lebih pro pasien atau ikut dalam lingkaran bisnis yang bikin kamu jadi jutawan, sob?

  • Mystic Pop-up Bar
    Hayo, siapa yang gemar nonton drama genre fantasi? Kalau kamu menggemari drakor yang penuh khayalan namun dikemas dengan apik sehingga nggak kelihatan halunya, maka Mystic Pop-up Bar wajib jadi drakor selanjutnya buat dinikmati.

    Drama ini bercerita tentang sebuah bar bernama Ssanggab Cart Bar yang hanya buka pada malam hari di sebuah atap gedung. Menariknya, bar yang dijalankan oleh Wol-Ju sangatlah misterius karena tidak hanya melayani manusia, tetapi juga orang mati.

    Sembari menikmati soju dan menyantap hidangan bersama Wol-Ju, pelanggan Ssanggab Cart Bar berbicara tentang diri mereka sendiri dan mencoba menyembuhkan luka hati mereka yang bahkan sampai dibawa mati. Seperti sedih, tapi ternyata drakor ini justru menarik karena di tengahnya selalu ada teka-teki untuk dipecahkan.

Begadang streaming pertandingan bola

In case kamu nggak suka drakor, liburanmu tetep bisa seru dengan menghabiskan waktu streaming pertandingan bola dari seluruh dunia. Banyak liga besar yang nggak disiarkan di TV jadi biar bisa ngikutin permainan kamu dapat mengandalkan kekuatan sinyalmu dan juga kuota data biar tetep online. Karena perbedaan waktu, biasanya pertandingan kesukaanmu ditayangkan saat malam bahkan dini hari jadi siap-siap aja kopi yang banyak dan juga camilan buat temen begadang. Biar nggak sepi, ajak dong saudara atau temanmu yang ikutan nginap di rumah untuk heboh bersorak sorai saat jagoanmu berhasil membobol gawang. Tapi jangan kenceng-kenceng teriaknya, nanti orang serumah malah bangun lagi.

Biar keasyikanmu streaming pertandingan bola atau bahkan film kesukaan nggak terganggu karena internet lemot yang bikin buffering atau kuota yang cepet habis, manfaatkan berbagai paket data khusus streaming yang ditawarkan oleh AXIS. Kamu bisa pilih sendiri kuota mana yang cocok buat kebutuhanmu jadi nggak bakal mubazir. Apalagi dengan harga yang murah banget, liburan Idul Adha kali ini juga membuat kantongmu bahagia. Buruan pasang aplikasi AXISnet sekarang biar lebih gampang beli kuota streaming-nya.

Baca juga : Ini Lho Cara Dapatkan Paket Streaming Vidio

Artikel Lainnya
Cookies Image

Kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda menelusuri situs kami, untuk merekomendasikan produk yang sesuai, dan untuk menampilkan iklan yang relevan. Untuk mengetahui lebih lanjut informasi terkait cookie, silakan merujuk pada kebijakan privasi kami.

baca selengkapnya