image icon

Akses Vidio Premier mulai dari Rp.5.000!

Blog

Share

bahasa gaul anak kuliahan

12 July 2022

LAINNYA

Bahasa Gaul Anak Kuliahan, Maba Wajib Tahu Biar Nggak Cupu

Share

Nah, sekarang kamu udah jadi mahasiswa baru alias maba. Gimana kesannya masuk kuliah buat pertama kalinya. Salah satu yang terasa paling baru pasti istilah-istilah penting di perkuliahan. Nggak berlebihan kalau menyebutnya bahasa gaul anak kuliahan, ya kan.


Soalnya semua istilah tersebut memang cuma dipakai buat anak kuliah aja. Ada banyak, loh, istilah tersebut dan kalau kamu nggak tahu artinya, bakal semakin bingung, kan. Padahal, istilah ini penting semuanya. Contoh yang paling umum seperti SKS, IP, IPK. Segitu aja udah bikin bingung nggak, sih.

Makanya biar nggak jadi cupu, sekarang langsung aja kita simak berbagai istilah penting bahasa gaulnya anak kuliahan. Berikut yang perlu kamu tahu:

1. KTM

KTM adalah Kartu Tanda Mahasiswa. Kalau istilah yang ini kamu pasti udah tahu. Nggak perlu dijelaskan lagi, kan. Ini mirip dengan kartu siswa yang kamu dapetin di SMA. Kamu harus menjaga kartu ini dengan baik-baik soalnya perlu.

Kamu harus menggunakannya buat pinjam buku perpus, naik sepeda kampus, bisa berobat gratis juga di pusat kesehatan mahasiswa, atau pakai fasilitas lainnya di kampusmu.

2. KRS

Kepanjangannya Kartu Rencana Studi. Semisal di restoran, KRS seperti kertas untuk pesan makanan yang diberikan waiter atau waitress-nya buat kamu isi. Jadi, kamu harus mengisikan semua mata kuliah yang kamu ambil di satu semester pada KRS tersebut.

3. SKS

SKS yaitu Satuan Kredit Semester yang berarti bobot pendidikan setiap mata kuliah. Jadi, umumnya mahasiswa di setiap kampus wajib menyelesaikan bobot pendidikan 144 SKS biar bisa lulus. Sementara, satu mata kuliah bobot SKS-nya berbeda. Ada 1,2,3, sampai 6 SKS.

Kalau total SKS akhir semester pertama mencapai 24 SKS, kamu perlu menyelesaikan 120 SKS aja buat wisuda. Umumnya mahasiswa boleh maksimal ambil 24 SKS aja per semester supaya belajarnya nggak keteteran.

4. IP

IP adalah Indeks Prestasi, artinya sama seperti nilai akhir semester. Kalau di Indonesia, skala IP mulai dari yang terendah sampai tertinggi yaitu 0 (nol) sampai 4 (empat).

Mahasiswa yang dapetin IP 4 di akhir semester pasti nilai mata kuliahnya A semua. Jadi, nilai di universitas emang pakai huruf. Nilai terendah itu E dan tertinggi itu A. Biasanya, buat lulus mata kuliah, nilainya harus minimal di atas C, seperti C+, B-, B dan seterusnya.

5. IPK

IPK adalah Indeks Prestasi Kumulatif. Semisal di pertandingan sepak bola, artinya seperti “skor agregat”. Kalau secara teknis, perhitungan IPK berdasarkan IP rata-rata mahasiswa setiap semester. IPK cenderung mudah menurun dan susah naiknya. Makanya, pertahankan konsistensi kamu, ya.

6. SP

SP adalah Semester Pendek. Jadi, SP ini merupakan waktu tambahan buat belajar yang sifatnya opsional, dan ada di antara semester genap dan semester ganjil.
Mahasiswa yang pakai SP ini biasanya pakai durasi 2-3 bulan buat mengulang mata kuliah yang lalu, atau bisa juga ambil matkul yang baru bisa lulus lebih cepat.

Baca juga : Catat Bahasa Gaul Terbaru Biar Makin Eksis

Misalnya gini, kamu merasa nggak puas dengan kuliah di semester pertama (sekitar September sampai Desember) dan semester kedua (sekiar Februari sampai Mei). Lalu, kamu ambil semester pendek (sekitar Juli sampai Agustus), dengan begitu kamu bisa lebih cepat lulus.

7. SIAKAD

SIAKAD adalah Sistem Informasi Akademik yaitu sistem informasi akademik yang dipakai buat memudahkan pengguna buat segala kegiatan online administrasi kampus.

Misalnya, PMB atau Proses Penerimaan Mahasiswa Baru, pembuatan kurikulum dan jadwal kuliah, mengisi KRS atau Kartu Rencana Studi, mengisi nilai, mengelola data dosen dan mahasiswa. Sistem ini juga bisa buat pendukung analisis data buat menentukan keputusan dari kampus.

8. PDDIKTI

PDDIKTI merupakan pusat kumpulan data penyelenggara pendidikan tinggi di seluruh Indonesia. Kumpulan data ini yang mengelola adalah Dirjen Dikti dengan alamat di https://pddikti. ristekdikti.go.id.

Data yang terdapat di sini adalah hasil sinkronisasi dengan setiap perguruan tinggi nasional yang mengelolanya.

9. UKM

UKM adalah Unit Kegiatan Mahasiswa, kalau di sekolah biasa dikenal dengan nama ekstrakurikuler. Sementara, di kampus namanya UKM.

10. KKN atau KKM

Ada yang menyebut Kuliah Kerja Nyata dan yang lainnya menyebutnya Kuliah Kerja Mahasiswa, ini adalah kegiatan mahasiswa yang mengabdi kepada warga negara lain.

Biasanya, kegiatan ini dilaksanakan selama jadwal SP, dan cuma untuk mahasiswa yang berkuliah udah lebih dari satu tahun. Peserta KKN atau KKM ini bakal dikirimkan ke suatu daerah tertentu kemudian menetap di lokasi tersebut bersama warga lokal selama satu bulan.

Bukan cuma piknik aja, mereka juga melakukan sesuatu buat memperbaiki kehidupan masyarakat setempat di sana. Tapi, nggak semua kampus ada program KKN dan KKM ini.

11. PKL

PKL kepanjangannya Praktik Kerja Lapangan. Biasanya, yang lulusan STM paham banget sama istilah ini. Jadi, kamu bakal menjadi karyawan magang di sebuah kantor, tujuannya buat memenuhi ketentuan jurusanmu. PKL seperti KKN dan KKM, jadi nggak semua jurusan ada program buat PKL.

12. HIMA atau HMJ

HIMA atau HMJ artinya Himpunan Mahasiswa Jurusan, nah ini seperti OSIS tapi dengan tingkat jurusan.

13. BEM

BEM juga termasuk bahasa gaul anak kuliahan, kepanjangannya Badan Eksekutif Mahasiswa. Ibaratnya OSIS tapi dengan tingkatan lebih tinggi, yakni fakultas serta universitas.

BEM merupakan organisasi yang bekerja sama dengan universitas buat mengadakan berbagai kegiatan untuk penerimaan para mahasiswa baru.

14. Senat Akademik

Senat akademik merupakan badan normatif tertinggi di perguruan tinggi dengan bidang akademik meliputi Rektor, Dekan Fakultas, Guru Besar, Wakil Dosen Non Guru Besar yang terpilih lewat pemilihan dan unsur lainnya yang ditetapkan Senat Akademik.

15. Rektor

Rektor adalah pemimpin tertinggi di tingkat universitas. Kalau di strukturnya, Rektor dibantu Pembantu Rektor Bidang Administrasi, Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, dan Pembantu Rektor Bidang Kerja Sama dan Hubungan Luar Negeri.

Seorang rektor menjalankan semua tugas beliau di rektorat.

16. Dekan

Jadi di satu fakultas ada beberapa jurusan. Fakultas ini dikepalai seorang dekan. Istilah ini berasal dari Bahasa Belanda, loh, yaitu decaan yang artinya “pejabat pemimpin fakultas”. Selain merupakan pemimpin tertinggi fakultas, Dekan juga seorang pemimpin administratif untuk dekanat.

17. Dosen PA

Artinya dosen Pembimbing Akademik, juga dikenal sebagai Dosen Penasehat Akademik atau Dosen Wali. Jadi, dosen tersebut mirip dengan wali kelas, tapi nggak sama persis.

Kamu bisa konsultasi tentang mata kuliah yang mau diambil, semester depan berapa SKS, atau kalau ada kendala di perkuliahan, hubungi aja dosen PA masing-masing.

Nah, itu tadi bahasa gaul anak kuliahan yang paling sering digunakan. Kalau udah kuliah kamu nggak cuma perlu tahu istilah gaul, tapi harus up to date kabar terbaru. Pakai paket BOOSTR AXIS buat kuota sosmed dan chat kamu, supaya kamu nggak ketinggalan kabar di grup chat teman sekampus, sekaligus buat berkomunikasi dengan dosenmu.

Baca juga : Apa Sih Crush Artinya dalam Bahasa Gaul? Yuk, Cari Tahu

Artikel Lainnya
Cookies Image

Kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda menelusuri situs kami, untuk merekomendasikan produk yang sesuai, dan untuk menampilkan iklan yang relevan. Untuk mengetahui lebih lanjut informasi terkait cookie, silakan merujuk pada kebijakan privasi kami.

baca selengkapnya