Apa itu YouTube Shorts? Pengertian dan Cara Menggunakannya!
01 August 2024
YouTube telah menyediakan fitur terbaru bernama Shorts, yang dimana fitur ini menawarkan video singkat sebagai cara untuk menarik perhatian pengguna platform mereka. Mirip dengan TikTok atau Instagram Reels, shorts ini disediakan untuk menjadi salah satu alat terbaik dalam meningkatkan kesadaran merek dan keperluan lainnya.
Platform Youtube shorts memberikan kemudahan dimana para pengguna dapat membuat dan menonton video pendek secara vertikal yang menampilkan berbagai macam konten, mulai dari hiburan hingga informasi praktis lainnya. Vamp Brands menyatakan bahwa menggunakan konten video singkat yang mudah diakses merupakan salah satu bentuk strategi yang efektif untuk memasarkan sebuah brand dari berbagai perusahaan. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara memanfaatkan YouTube Shorts, artikel ini akan menjelaskan secara lengkap mengenai YouTube Shorts.
Pengertian YouTube Shorts
Video shorts adalah format video singkat yang umumnya berdurasi antara 15 hingga 3 menit, tergantung pada platform media sosial yang digunakan. Di TikTok, konten kreator dapat membuat video dengan durasi hingga tiga menit, sementara di Instagram Reels batas durasinya adalah 60 detik. YouTube melalui fitur YouTube Shorts yang memungkinkan kreator untuk membuat video pendek dengan durasi maksimal 10 menit, hal ini yang membuat YouTube berbeda dengan platform lainnya.
Cara menggunakan YouTube Shorts
Kamu dapat menentukan berapa kali Kamu ingin mengambil gambar dengan durasi maksimal 60 detik sesuai dengan keinginan Kamu. Berikut ini adalah tiga metode yang tersedia untuk merekam atau mengambil gambar di YouTube Shorts:
- Metode pertama memungkinkan kreator untuk terus menekan tombol pengambilan gambar dan berhenti saat pengambilan gambar selesai.
- Metode kedua mengizinkan kreator untuk menekan tombol pengambilan gambar lebih lama, sehingga memungkinkan pengambilan gambar secara otomatis, dan kemudian menekan lagi untuk menghentikannya.
- Terakhir, kreator dapat menggunakan fitur timer untuk mempersiapkan diri sebelum pengambilan gambar dimulai, dengan pilihan jeda mulai dari 3 detik, 10 detik, atau 20 detik sebelum rekaman dimulai.
Selama proses pengambilan gambar, pengguna memiliki fitur undo dan redo yang dapat membantu penyesuaian sesuai dengan kebutuhan. Pengguna juga dapat mengatur kecepatan pengambilan video, mulai dari tiga kali lipat lebih cepat hingga 0,3 kali lipat lebih lambat. Fitur lain dari YouTube Shorts yang tersedia termasuk lebih dari 10 jenis filter yang dapat kamu gunakan untuk memperindah gambar. Kamu juga dapat menambahkan lagu atau audio baik di awal maupun di akhir video, serta menempatkan teks pada video sesuai dengan preferensi Kamu.
Fitur-fitur YouTube Shorts
Untuk membuat YouTube Shorts, pengguna dapat mengunggah video dari koleksi galeri mereka atau juga bisa merekam langsung melalui aplikasi YouTube. Berikut ini adalah fitur-fitur yang tersedia di YouTube Shorts yang harus Kamu ketahui:
- Flip
Fitur pertama yang harus kamu ketahui adalah Flip, fitur ini memiliki fungsi untuk mengatur sudut pandang kamera antara kamera depan dan kamera belakang. - Speed
Fitur selanjutnya adalah Speed, yang memiliki fungsi untuk mengatur kecepatan pemutaran video, mulai dari 0,3 hingga 3 kali lipat kecepatan normal. - Timer & Countdown
Timer & Countdown memiliki fungsi untuk memulai dan menghentikan rekaman secara otomatis sesuai dengan timer yang telah diatur sebelumnya. - Effects
Fitur YouTube Shorts selanjutnya adalah Effects, fitur ini berfungsi untuk menambahkan efek visual yang menarik kedalam video. - Green screen
Selanjutnya, green screen yang biasanya digunakan untuk mengganti latar belakang objek dengan gambar yang dipilih dari galeri. - Retouch
Kemudian ada fitur Retouch, umumnya fitur ini digunakan untuk memperbaiki atau mempercantik dari tampilan subjek dalam foto. - Filters
Fitur ini memiliki fungsi untuk menambahkan filter untuk memberikan nuansa yang berbeda pada video. - Lighting
Salah satu fitur yang ada pada YouTube Shorts adalah Lighting, fitur ini digunakan untuk menyesuaikan pencahayaan jika diperlukan untuk meningkatkan kualitas visual. - Sound
Untuk menambahkan audio ke dalam video, termasuk audio yang direkomendasikan atau Top Sounds untuk menjangkau audiens lebih luas, Kamu bisa menggunakan fitur sound. - Text
Fitur selanjutnya adalah text, yang dimana digunakan untuk menambahkan teks dengan berbagai pilihan warna, jenis font, dan ukuran font ke dalam video. - Timeline
Fitur YouTube Shorts yang terakhir adalah timeline, fitur ini biasanya digunakan untuk mengatur penempatan dan durasi teks pada bagian tertentu dari video.
5 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Pembuatan YouTube Shorts
Jika Kamu berencana untuk membuat video shorts yang menarik, terdapat beberapa tips yang dapat Kamu terapkan untuk menciptakan konten yang lebih efektif seperti berikut ini:
1. Perhatikan Durasi
Perhatikan durasi video yang Kamu buat, pastikan semua informasi yang ingin disampaikan sudah tercakup dengan baik dalam video tersebut dengan durasi yang cukup. Hindari jeda yang terlalu panjang sehingga dapat mengurangi kualitas dan daya tarik video.
2. Gunakan Visual dan Musik yang Menarik
Pastikan untuk selalu menyertakan visual yang menarik dan musik yang cocok untuk menjaga minat penonton hingga akhir video. Kamu dapat menambahkan efek khusus, seperti filter, atau musik yang sedang tren agar meningkatkan daya tarik visual video Kamu.
3. Manfaatkan Tren Terkini
Manfaatkan tren terbaru dari platform media sosial, seperti Instagram dan TikTok. Dengan menggunakan tren terkini dari video yang dibuat dapat membantu meningkatkan jangkauan konten Kamu karena konten yang sedang tren lebih banyak dicari oleh pengguna.
4. Gunakan Hashtag dengan Bijak
Jangan lupakan penggunaan hashtag atau tagar dalam video Kamu. Hashtag dapat membantu mengidentifikasi algoritma dan menampilkan konten Kamu kepada target audiens yang tepat. Pastikan hashtag yang Kamu gunakan sudah relevan dengan konten yang Kamu buat supaya memberikan hasil yang lebih baik.
5. Promosikan di Berbagai Macam Platform Media Sosial
Promosikan video shorts Kamu di berbagai platform media sosial supaya dapat meningkatkan visibilitasnya. Misalnya, jika Kamu mempublikasikan video di YouTube, bagikan juga di Twitter atau Facebook. Dengan melakukan promosi video di platform media sosial yang lain, dapat menarik minat orang untuk mengunjungi kanal YouTube Kamu dan menonton video Kamu.
Dengan menerapkan 5 tips ini, Kamu dapat meningkatkan kualitas dan daya tarik konten video shorts Kamu serta memperluas jangkauan dan interaksi dengan audiens Kamu di berbagai platform.
Kelebihan YouTube Shorts
Bagi beberapa brand yang telah menguasai strategi pemasaran TikTok, kehadiran YouTube Shorts tentunya merupakan hal yang mengejutkan dan juga pengalaman baru. Sekarang Perusahaan hanya perlu mempertimbangkan apakah akan fokus menggunakan salah satu platform atau mengintegrasikan kedua platform tersebut. Akan tetapi dengan adanya shorts ini bisa menjadi peluang untuk menjangkau lebih banyak audiens dan memanfaatkan keunggulan platform baru ini. Berikut ini adalah kelebihan fitur YouTube Shorts dalam pemasaran yang tidak dapat ditemui di platform lain:
1. Search Engine Video
Salah satu keunggulan utama dari YouTube Shorts adalah fitur search engine video. Melalui fitur ini, para pengguna dapat mencari konten berdasarkan minat mereka, sehingga memungkinkan pemasar untuk lebih strategis dalam menempatkan konten. Dengan memilih judul Shorts dari kata kunci yang sesuai, video tersebut dapat berhasil menarik perhatian audiens yang tepat.
2. Content Library
Video YouTube Shorts secara otomatis akan ditambahkan ke library channel, untuk memudahkan para pengguna yang ingin mengaksesnya kapanpun. Berbeda dengan konten yang berdurasi pendek di platform media sosial lain yang mungkin akan hilang setelah beberapa waktu. YouTube Shorts mempertahankan kontinuitas penonton dengan menyimpan video secara permanen di library channel. Keuntungan utamanya adalah pengguna dapat dengan mudah mengenal suatu brand dan menjelajahi konten lama tanpa harus mencarinya secara manual.
3. Tempat Eksperimen yang Ideal
YouTube Shorts juga menjadi platform eksperimen yang baik untuk sebuah brand. Membuat konten video panjang seringkali membutuhkan investasi besar dalam waktu dan sumber daya. Dengan video Shorts, sebuah brand dapat dengan cepat menguji ide baru atau konsep citra brand tanpa takut menghadapi resiko yang besar. Proses pembuatan video yang mudah memungkinkan brand untuk segera mengetahui apakah konten tersebut mencapai tujuannya atau perlu penyesuaian yang lebih lanjut.
Dengan demikian, video shorts tidak hanya menjadi cara efektif untuk berinteraksi dengan audiens, tetapi juga memberikan pengalaman yang lebih berharga bagi pengguna dan peluang yang lebih besar bagi kreator sebuah brand untuk berkembang dan sukses di dunia digital yang semakin dinamis dan dapat memperkuat strategi pemasaran digital dan perusahaan Kamu.
Bagi Kamu para pengguna AXIS, kini kamu bisa menonton berbagai macam video pendek di YouTube dengan menggunakan Bonus Unlimited Youtube Shorts dari AXIS. Bonus Unlimited YouTube Shorts, bisa digunakan selama 1 jam atau 4 jam yang dimana bisa kamu play dan pause penggunaannya. Selain itu, Bonus Unlimited YouTube Shorts ini bisa kamu gunakan selama 5 hari.
Cara mendapatkan Bonus Unlimited YouTube Shorts juga sangat mudah untuk kamu lakukan, cukup dengan melakukan Aktivasi paket atau redeem AIGO dengan kuota utama. Untuk informasi selengkapnya kamu bisa cek melalui link: https://www.axis.co.id/axisnet/bonus-unlimited-youtube-short. Selain itu, Kamu juga dapat membeli kartu perdana atau eSIM AXIS di AXIS Store melalui link https://store.axis.co.id/ dengan berbagai promo menarik yang ditawarkan oleh AXIS.