Cara Jualan di TikTok Supaya Dagangan Laris Bagi Pemula
25 January 2024
Cara jualan di TikTok bagi pelaku bisnis digital pemula perlu menjadi acuan penting sebelum mendalami profesi ini. Entah usaha ini untuk pekerjaan utama maupun sebagai side hustle. Banyak yang mengakui jika berbisnis di platform media sosial ini sangat menjanjikan. Namun, tentunya membutuhkan strategi marketing yang tepat dan kreatif untuk meraup profit yang maksimal. Sehingga tidak hanya fokus jualan, TikTok juga menuntut para kreator untuk menghasilkan karya menarik yang berkelanjutan.
Cara Jualan di TikTok untuk Mendapatkan Keuntungan Maksimal
Pada awalnya TikTok adalah aplikasi sosial media berbasis video sebagai platform sharing konten seperti pada umumnya. Semakin hari, aplikasi ini berkembang dan muncul berbagai fitur baru yang menarik. Salah satunya adalah TikTok Shop yang memungkinkan kamu untuk jualan melalui video singkat. Konsep ini terbukti sangat menarik dan interaktif. Inovasi ini mampu menciptakan experience berbelanja menjadi lebih dinamis dan menghibur. Bagi kamu konten kreator yang ingin berjualan tentu membutuhkan kiat yang benar untuk dapat memperkenalkan suatu produk. Seperti inilah beberapa cara efektif untuk jualan di platform tersebut.
1. Registrasi Akun TikTok Shop
Cara jualan di TikTok yang pertama adalah menginstal dan mendaftar pada TikTok Shop. Bisa juga dengan mengunjungi laman resminya di seller-id.tiktok.com, kemudian sign in dengan akun TikTok. Selanjutnya pilih menu Sign Up lalu klik Daftar sebagai Seller TikTok. Apabila kamu sudah mempunyai akun TikTok, bisa langsung memilih menu Sign in with TikTok Account.
Setelah berhasil login, lanjutkan dengan mengisi formulir identitas. Mulai dari nama bisnis, lokasi dengan alamat lengkap, dan nomor ponsel yang aktif. Setelah selesai mengisi formulir, upload foto KTP untuk proses verifikasi data diri. Kemudian lengkapi data produk yang akan kamu jual, seperti foto, keterangan lengkap produk, hingga data rekening bank pribadi. Setelah itu proses pendaftaran selesai, dan bisa langsung mulai mengunggah konten promosi.
2. Buat Profil Bisnis Semenarik Mungkin
Setelah berhasil membuat akun TikTok Shop, cara jualan di TikTok selanjutnya adalah membuat profil bisnis supaya memiliki visual menarik. Informasi profil ini berisi identitas nama bisnis yang akan kamu jalankan. Sehingga profil yang detail dan menarik tentu dapat memikat atensi dari para pengguna lainnya. Supaya mempunyai kesan profesional, langkah pertama coba untuk menggunakan foto profil dengan logo bisnis yang bagus. Pastikan resolusinya tidak pecah. Kemudian buat deskripsi singkat yang menarik dan merepresentasikan bisnis.
Apabila memungkinkan, tambahkan link untuk mengarahkan ke laman bisnis supaya lebih terkesan profesional. Pastikan dalam membuat profil bisnis ini tidak terlalu dibuat-buat. Jadi cantumkan data yang sebenarnya dan terpercaya. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan konsumen.
3. Cantumkan Uraian Produk Secara Detail dan Meyakinkan
TikTok Shop merupakan platform video interaktif yang mengutamakan nilai kreativitas. Sehingga, agar produk cepat laku tentu isi konten juga harus sesuai dengan visi platform ini. Selain konten yang unik, cara jualan di TikTok yang efektif adalah membuat deskripsi produk. Terutama pada etalase produk berisi uraian dengan copywriting yang menarik. Kemudian pastikan mengupload foto produk yang jernih dan terlihat profesional. Alangkah baiknya jika dapat menyesuaikan dengan ragam ide dalam konten penjualan.
Foto produk ini menjadi hal penting kedua setelah konsep konten yang kamu buat. Usahakan pula menggunakan foto asli hasil jepretan sendiri, bukan foto hasil unduhan dari internet. Selain lebih profesional produk juga akan lebih meyakinkan konsumen.
4. Pahami dan Pelajari Target Market dari Produk yang Dijual
Saat memulai untuk jualan produk di TikTok Shop, menawarkan produk unggulan saja tidak cukup. Cara jualan di TikTok perlu adanya pemahaman tentang target penjualan secara jelas. Oleh sebab itu, seller perlu mempelajari siapa saja yang akan menjadi pembeli dari produk yang dijual. Apakah kalangan remaja, milenial muda, orang dewasa, atau para ibu-ibu rumah tangga. Dengan menganalisis target tersebut akan mempengaruhi bagaimana seller membuat konten dan mempromosikan produk.
Pembuatan konten promosi juga perlu menyesuaikan pada hal-hal yang relevan dengan target tersebut. Hal ini sangat penting supaya jangkauan promosi dapat meluas dan menjangkau banyak audience. Sehingga tidak ada kasus gagal eksekusi cara jualan di TikTok karena kamu tidak mengetahui target pasarnya.
5. Membuat Konten Menarik dan Konsisten
Sudah menjadi poin utama bahwa ketika jualan di TikTok, konten berupa video adalah kunci supaya produk cepat viral dan laku keras. Maka dari itu, seller harus membuat konten video berkualitas tinggi, menarik, dengan musik yang sesuai, dan narasi yang jelas. Sehingga mudah dipahami audience.
Dalam hal ini, konten kreator selaku seller memerlukan kreativitas tinggi supaya dapat melahirkan konten promosi yang dapat menarik audience sebanyak-banyaknya. Saat ini pun tersedia banyak penyedia jasa pembuatan konten sebagai solusi bagi para seller yang kurang maksimal dalam pembuatan konten video TikTok.
6. Gunakan Fitur Live untuk Menjangkau Lebih Banyak Audience
Supaya lebih memaksimalkan strategi jualan bagi seller pemula, wajib hukumnya dalam memaksimalkan fitur yang ada. Salah satu cara jualan di TikTok untuk mendongkrak atensi adalah menggunakan fitur Live. Fitur ini memungkinkan seller untuk dapat melakukan siaran langsung sambil berjualan dan berinteraksi dengan pembeli. Meskipun fitur ini dapat menjangkau banyak target. Namun, persiapan live streaming ini membutuhkan preparasi yang matang. Mulai dari penentuan waktu, ide konten, narasi menarik, hingga cara interaksi yang baik dengan pembeli.
7. Manfaatkan Secara Maksimal Fitur Affiliate
Seperti halnya banyak aplikasi e-commerce lainnya, TikTok juga mempunyai fitur affiliate. Fitur ini memungkinkan para pelaku usaha untuk melakukan kolaborasi dengan influencer sebagai strategi promosi produk. Program affiliate ini dapat membantu para seller untuk menentukan influencer mana yang paling sesuai untuk mempromosikan produknya.
Dengan bantuan influencer yang tepat, jangkauan audience akan naik secara signifikan. Cara ini pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan seller. Selain itu, review yang baik untuk produk tersebut juga akan berpotensi melahirkan pelanggan tetap.
8. Gunakan Fitur TikTok Ads
Cara jualan di TikTok selanjutnya yang sangat membantu menaikkan brand awareness adalah memanfaatkan TikTok Ads. Fitur ini merupakan layanan berbayar yang memungkinkan seller memasang iklan promosi di TikTok. Bagi kamu konten kreator pemula bisa memanfaatkan layanan ini dengan membayar biaya tertentu. Kemudian menentukan target audiens yang spesifik berdasarkan minat, usia, dan lokasi.
9. Analisis Hasil dan Optimalisasi Strategi Jualan
Setelah melakukan urutan cara di atas, step terakhir adalah menganalisis hasil kerja dan optimalkan strategi jualan. Seperti halnya Instagram, TikTok juga memberikan fitur Insight untuk menampilkan info terkait performa konten. Dengan fitur ini seller dapat mengetahui statistik keseluruhan mulai dari impresi audience, jumlah like, komentar, hingga share. Angka-angka dan presentasi ini dapat menjadi acuan dalam optimalisasi strategi pembuatan konten selanjutnya.
Berbagai cara jualan di TikTok tersebut tentu membutuhkan eksekusi yang baik dan konsisten. Konten promosi kamu harus selalu berkembang dan relevan dengan target audience. Supaya tidak mengalami kendala saat membuat konten promosi di TikTok, pastikan menggunakan
paket Teng-Go dari AXIS. Selain memberikan akses internet lancar, harga paket Teng-Go juga sangat terjangkau dengan waktu pemakaian yang bisa kamu sesuaikan sendiri, lho. Jadi, nggak ada cerita gagal ngonten karena kehabisan kuota.