Cara Menjadi Content Creator TikTok di Jamin Banyak Cuan
01 May 2024
Tiktok saat ini merupakan platform social media yang populer saat ini dan tidak sedikit orang yang mencoba peruntungan untuk mengumpulkan pundi-pundi cuan di TikTok. Menurut Reuters saat ini ada sekitar 1 miliar pengguna aktif di Tiktok setiap bulannya, tidak heran banyak pengguna sosmed baru yang beralih ke Tiktok. Hal ini ditambah lagi dengan inovasi dan fitur di Tiktok yang selalu bertambah di dalamnya, mulai dari TikTok Affiliate, TikTok Shop, hingga TikTok Live.
Dengan bertambahnya inovasi tersebut, memungkinkan para content creator di TikTok untuk menghasilkan uang dengan berbagai metode.
Mengenal Aplikasi TikTok Lebih Dalam
TikTok merupakan suatu platform media sosial yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan membagikan video pendek, biasanya berdurasi antara 15 hingga 60 detik. Diluncurkan pada tahun 2016 oleh perusahaan Tiongkok, ByteDance, TikTok telah mencapai popularitas global yang luar biasa, khususnya di kalangan generasi muda.
Dengan aplikasi ini, pengguna dapat dengan mudah membuat konten kreatif menggunakan berbagai alat seperti filter, efek suara, dan musik latar. Sudah tak sabar ingin jadi mendapatkan banyak cuan dengan jadi content creator di Tiktok? Tak perlu berlama lagi, ini dia 8 cara Kamu menjadi content creator TikTok untuk kembangkan audiens!
4 Cara Jitu Kamu Menjadi Content Creator TikTok
Kenali Audience & Tingkatkan Jumlah Audience TikTok Kamu
Salah satu aspek yang sangat penting untuk membangun keberhasilan konten TikTok adalah mempunyai pemahaman yang jelas mengenai target audiens atau penonton yang Anda ingin capai. Target viewers dan followers yang Anda definisikan akan menjadi fondasi awal dan utama dalam perencanaan dan pembuatan konten TikTok Anda.
Pertama-tama, Anda perlu bertanya pada diri sendiri siapa yang Anda ingin tuju untuk menonton video Anda. Ini mencakup faktor-faktor seperti jenis kelamin, usia, minat, dan preferensi mereka. Misalnya, jika Anda membuat konten hiburan yang cocok untuk kalangan remaja, maka target audiens Anda mungkin adalah mereka yang berusia antara 13 hingga 19 tahun.
Selama Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang siapa target audiens Anda dan apa yang mereka inginkan, Anda dapat menciptakan konten yang lebih menarik dan relevan. Perlu di ingat, bahwa TikTok merupakan platform yang penuh dengan beragam jenis konten, jadi untuk mengetahui dengan baik siapa yang Anda targetkan akan membantu Anda dalam bersaing dan mencapai kesuksesan dalam lingkungan yang kompetitif ini.
Jumlah followers merupakan hal utama yang wajib kamu tingkatkan agar Kamu lebih dikenal dan lebih dipercaya audience Kamu. Dengan jumlah followers yang cukup kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh TikTok seperti TikTok Affiliate, TikTok Shop, hingga TikTok Live. Selain itu kamu bahkan memungkinkan untuk mendapatkan endorse.
Buat Konten Tiktok yang Berkualitas
Jika kamu mempunyai peralatan yang memadai, gunakanlah sebaik mungkin. Audiens TikTok biasanya lebih menyukai konten dengan kualitas video yang bagus. Akan tetapi, konten berkualitas juga tidak harus selalu menggunakan peralatan canggih.
Ada banyak creator TikTok yang berhasil menjadi influencer dengan peralatan dan tempat seadanya. Kualitas konten juga dilihat dari isi video, apa yang kamu ucapkan, serta orisinalitas kamu sebagai creator. Yang terpenting, kamu fokus memberikan konten yang berguna, bermanfaat serta menghibur orang-orang. Perbanyak research terkait materi content TikTok yang hendak Kamu tampilkan, paket internet Bronet 24 jam dan Bronet sosmed dari AXIS merupakan paket internet yang cocok untuk menjawab kebutuhan Kamu.
Riset yang dimaksud di sini bisa bermacam-macam. Tergantung dari kebutuhan kamu ingin mencari tahu tentang apa.
Sebagai pemula, biasanya kamu perlu riset untuk menentukan niche atau tema konten TikTok-mu, misalnya:
- kuliner
- kecantikan
- parenting
- daily life
- office life
- fashion
Dan masih banyak lagi. Orang-orang atau penonton biasanya menyukai creator yang konsisten dengan tema atau niche-nya. Hal ini juga bisa membantu kamu supaya kamu mudah diingat oleh mereka.
Selain itu, kamu juga perlu lakukan riset kompetitor. Kamu bisa analisis content creator TikTok lainnya dengan niche yang sama denganmu. Lalu, tentukan apa kelebihan mereka yang bisa kamu pelajari dan kekurangannya yang bisa kamu perbaiki. Jangan lakukan plagiasi, lebih baik kamu cermati, tiru, dan modifikasi yang lebih menarik.
Coba Teknik Storytelling & Konsisten
Kalau menurut Visual Modo, salah satu cara menjadi content creator TikTok adalah dengan membuat konten storytelling. Ada beberapa teknik storytelling yang bisa kamu tiru. Salah satunya adalah dengan memberikan atau mempertanyakan suatu pertanyaan di detik awal. Audiens pun akan langsung tertarik serta penasaran tentang isi konten video kamu. Selain itu, kamu juga bisa menceritakan tentang behind the scene bisnismu, atau kegiatan kamu sehari-hari melalui video “A Day in My Life”.
Selain konsisten dengan kualitas video, TikTok juga lumayan sensitif dengan konsistensi jadwal upload kamu. Jika rutin upload tapi tiba-tiba berhenti selama berbulan-bulan, bisa jadi kamu harus mengikuti algoritma Tiktok dari awal lagi. Maka dari itu, usahakan ikuti jadwal upload kamu dengan displin, ya. Selain bermanfaat untuk algoritma, followers pasti menyukai content creator yang rutin upload video.
Ikuti Tren & Jadi Diri Sendiri
Seperti yang dilansir dari Tribe, tren di TikTok akan selalu berubah-ubah. Setiap hari, pastinya selalu ada sound TikTok baru yang trending dengan isi konten video yang menarik. Nah, tren ini bisa jadi peluang kamu untuk menjangkau audiens baru. Namun, trend TikTok hari ini bisa jadi tak digemari lagi sekitar 3 hari atau seminggu kemudian. Jadi, kamu harus menyesuaikannya dengan cepat.
Creative skill kamu benar-benar diuji. Pasalnya, untuk menjadi content creator TikTok, konten kamu harus menarik dan out of the box. Dari semua tips yang ada di atas, cara yang paling terpenting menjadi content creator Tiktok adalah dengan menjadi diri sendiri. Memang, kamu bisa membentuk personal branding sesuai yang kamu mau.
Tetapi, untuk membentuk personal branding juga harus ada yang diperlukan seperti keunikan dan orisinalitas. Hal ini penting supaya kamu dapat berbeda dari content creator yang lain dan tidak terkesan meniru. Orang-orang pasti bisa membedakan jika kamu menjadi diri sendiri atau berusaha menjadi orang lain.
Di TikTok, kamu pasti sering melihat banyak selebtok dengan konten paling sederhana namun banyak yang suka. Itu karena mereka berhasil menghibur orang-orang dengan caranya sendiri.Itulah tips menjadi Content Creator TikTok yang berprofesional, terlepas dari itu pastikan kamu memiliki paket internet unlimited TikTok untuk mengupload konten, atau melihat video content creator lainnya,yang bisa kamu jadikan untuk inspirasi.
Paket Internet Unlimited TikTok untuk Kamu Content Creator
Paket internet unlimited TikTok merupakan kebutuhan yang tidak terlepas dari seorang content creator. Baik kebutuhan untuk menganalisa konten, upload content hingga live streaming content di TikTok. AXIS hadir menjawab kebutuhan tersebut dengan Paket Teng-go, paket internet unlimited buat kamu akses TikTok. Dipaket Teng-go Kamu dapat play dan pause paket internet unlimited TikTok dengan waktu tertentu.
Beli paket internet unlimited TikTok di paket Teng-go dari AXIS, tersedia
paket internet unlimited dari 3 jam, 6 jam, dan 12 jam dengan masa aktif 5 hari yang dapat kamu beli melalui aplikasi AXISnet. Kamu juga dapat melakukan pembelian Kartu Perdana atau
eSIM AXIS di AXIS Store dengan menikmati promo dan benefit menarik lainnya.