Syarat & Ketentuan Penutupan Akun XL Tunai

  1. AXIS menginformasikan kepada seluruh masyarakat pengguna layanan XL Tunai bahwa kami akan menghentikan layanan XL Tunai secara bertahap terhitung sejak 15 April 2020.
  2. Pengguna layanan XL Tunai dapat melakukan pencairan saldo melalui menu *808#
  3. Proses penghentian layanan XL Tunai dan prosedur yang akan dijalankan telah mendapat persetujuan serta diawasi oleh Bank Indonesia.
  4. Penutupan akun XL Tunai dapat dilakukan melalui akses menu UMB yang difasilitasi oleh AXIS, yakni melalui *808#, di mana Pemegang dapat melakukan transaksi kirim uang ke rekening bank milik Pemegang (atau rekening bank lain yang dapat diakses oleh Pemegang) atau ke akun GoPay milik Pemegang dalam rangka penampungan sisa saldo XL Tunai. Selain itu, untuk kemudahan penutupan akun, Pemegang dapat melakukan pembelian pulsa XL/Axis untuk menghabiskan sisa saldo akun XL Tunai-nya.
  5. Sesuai regulasi yang berlaku, Pemegang akun XL Tunai tipe Premium (registered) dapat melakukan transaksi pengiriman uang ke rekening bank, sementara Pemegang akun XL Tunai tipe Basic (unregistered) tidak dapat mencairkan sisa saldonya. Namun untuk keperluan penutupan akun XL Tunai, maka sesuai dengan persetujuan dari pihak Bank Indonesia sebagai regulator, maka XL memberikan kesempatan 1 (satu) kali kepada Pemegang akun XL Tunai tipe Basic untuk melakukan transaksi penarikan dana maupun pengiriman uang khusus dalam rangka penutupan akun XL Tunai.
  6. Penutupan akun XL Tunai melalui transaksi kirim uang ke rekening bank mengikuti ketentuan sebagai berikut:
    1. Nilai minimal yang dapat ditransfer dari akun XL Tunai ke rekening bank adalah Rp 10.000.
    2. Untuk setiap pengiriman uang melalui kirim uang ke rekening bank, Pemegang akan dikenai biaya Rp 6.500 per transaksi yang akan dikurangkan secara otomatis dari akun XL Tunai Pemegang.
    3. Oleh karena itu, Pemegang akan melakukan pengiriman sisa saldo XL Tunai setelah dikurangi biaya transfer sebesar Rp 6.500 ke rekening bank yang valid untuk mengakhiri penggunaan akun XL Tunai.
  7. Penutupan akun XL Tunai melalui transaksi kirim uang ke akun GoPay milik Pemegang mengikuti ketentuan sebagai berikut:
    1. Akun GoPay milik Pemegang wajib didaftarkan pada nomor XL/AXIS yang sama dengan nomor XL/AXIS yang terdaftar pada akun XL Tunai-nya.
    2. Transaksi pengiriman uang ini tidak dikenakan biaya (gratis), sehingga untuk setiap pengiriman uang ke akun GoPay milik Pemegang, Pemegang akan memperoleh nilai yang sama dengan nilai sisa saldo akun XL Tunai-nya.
    3. Pemegang akan memperoleh sisa saldo XL Tunai-nya pada akun GoPay milik Pemegang dalam waktu selambatnya 5 (lima) hari kerja sejak transaksi dilakukan oleh Pemegang via UMB *808#
  8. Selain dengan transaksi pengiriman uang dalam rangka penutupan akun XL Tunai, Pemegang juga masih dapat melakukan transaksi pembelian pulsa XL/Axis untuk menghabiskan sisa saldo XL Tunai-nya. Penutupan akun XL Tunai melalui transaksi pembelian pulsa XL/Axis mengikuti ketentuan sebagai berikut:
    1. Pembelian pulsa XL/Axis akan menghabiskan sisa saldo XL Tunai milik Pemegang dalam rangka penutupan akun XL Tunai-nya.
    2. Pemegang akan memperoleh pulsa XL/Axis sejumlah nilai sisa saldo XL Tunai-nya dalam waktu selambatnya 5 (lima) hari kerja sejak transaksi dilakukan oleh Pemegang via UMB *808#
  9. Dengan melakukan penutupan akun XL Tunai Pemegang dengan ini menyatakan dan menjamin:
    • Pemegang telah membaca, memahami, dan menyatakan setuju untuk terikat dengan seluruh Syarat dan Ketentuan Penutupan Akun XL Tunai yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.
    • Pemegang telah membaca, memahami, dan melakukan verifikasi sendiri dan mandiri terhadap sisa saldo yang dikonversi dalam bentuk produk atau dikembalikan secara cash kepada Pemegang, dan dengan demikian Pemegang membebaskan AXIS dari segala kesalahan atau ketidakakuratan data terkait konversi atau pengembalian sisa saldo XL Tunai miliknya.
    • Pemegang sepenuhnya bertanggung jawab terhadap penyalahgunaan dan penanganan yang salah atas kartu SIM (Subscriber Identity Module) XL yang memiliki akun XL Tunai di dalamnya, termasuk segala transaksi dan kejadian yang terkait dengan penutupan akun XL Tunai ini. Oleh karena itu, AXIS dibebaskan, dilepaskan, dan tidak bertanggung jawab atas segala kewajiban, tuntutan hukum, gugatan, kehilangan, dan kerugian yang muncul dari aktivitas fraud yang disebabkan oleh kelalaian Pemegang atas kartu SIM tersebut.
  10. Pemegang menyadari sepenuhnya akan kemungkinan terjadinya peristiwa kahar (force majeure) yang dapat menyebabkan AXIS tidak dapat memenuhi kewajibannya sehubungan dengan penutupan akun XL Tunai ini. Peristiwa kahar tersebut termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kebakaran, peperangan, huru hara, pemogokan, pemberontakan, epidemi, sabotase, tindakan pemerintah di bidang moneter dan peristiwa lainnya di luar kuasa dan kemampuan AXIS, di mana AXIS dibebaskan dari tanggung jawab dalam keadaan tersebut.
  11. Untuk keperluan penutupan akun XL Tunai, Pemegang dengan ini memberi izin, persetujuan, kuasa, dan kewenangan kepada AXIS untuk melakukan segala tindakan yang dinilai baik dan perlu oleh XL Axiata untuk memastikan kebenaran Identitas Pemegang guna validasi akun XL Tunai miliknya. Meskipun demikian, Pemegang menjamin bahwa identitas serta data dan informasi yang diberikan oleh Pemegang ke AXIS adalah benar dan akurat.
  12. AXIS akan melakukan verifikasi data Pemegang XL Tunai dengan berpedoman pada data Pemegang yang tersimpan pada sistem AXIS. AXIS berhak untuk menolak penutupan akun serta pengembalian saldo XL Tunai apabila berdasarkan hasil verifikasi data Pemegang tidak sesuai dengan data Pemegang yang tersimpan pada sistem AXIS.
  13. Khusus Pemegang akun XL Tunai tipe Basic (unregistered) yang tidak memiliki PIN (Pemegang Type 1) yang hendak melakukan transaksi pengiriman uang ke rekening bank/akun GoPay atau melakukan pembelian pulsa XL/Axis, dapat melakukan validasi akun XL Tunai-nya terlebih dahulu sebagai berikut:
    1. Mengirimkan e-mail ke [email protected], dengan Subject: Validasi Data Pemegang Type 1.
    2. Mengikuti petunjuk yang diberikan via e-mail untuk proses validasi data Pemegang.
    3. Proses validasi data Pemegang XL Tunai akan memerlukan waktu selambatnya 5 (lima) hari kerja sejak penyampaian data dilakukan oleh Pemegang.
  14. Apabila Pemegang masih memiliki saldo dan belum melakukan penutupan akun XL Tunai hingga 23 Oktober 2020, maka AXIS dapat melakukan konversi sisa saldo menjadi pulsa XL/Axis dan Pemegang dianggap telah melakukan penutupan akun XL Tunai-nya.
  15. Pemegang uang elektronik XL Tunai yang saat ini tidak lagi menggunakan layanan seluler XL/Axis dapat mengunjungi XL Center terdekat dan wajib membuktikan kepemilikan saldo XL Tunai dalam rangka penarikan dana dan penutupan akun XL Tunai-nya.
  16. Syarat dan Ketentuan Penutupan Akun XL Tunai ini diatur dan diartikan menurut hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
  17. AXIS dapat mengubah Syarat dan Ketentuan ini dengan pemberitahuan kepada Pemegang atau diumumkan melalui www.xl.co.id/id/xltunai dan www.axis.co.id/announcement.
  18. Pertanyaan dan keluhan Pemegang terkait penutupan akun XL Tunai, dapat disampaikan melalui fitur live chat yang tersedia di www.xl.co.id/id/xltunai (untuk pelanggan XL) dan secara lisan melalui Call Center 838 (untuk pelanggan Axis).
Saya mendapatkan SMS (yang isinya mengenai penghentian Cash-in) dari XL Tunai, itu maksudnya apa ya?
Bapak /Ibu, SMS tersebut merupakan informasi bahwa transaksi isi saldo/Cash-in XL Tunai sudah tidak bisa dilakukan lagi sebagai salah satu proses penutupan layanan XL Tunai.
Bapak/Ibu, hal tersebut sebagai bagian dari proses penghentian layanan XL Tunai maka SMS tersebut dikirimkan sebagai informasi untuk pelanggan XL Tunai bahwa pada tanggal 31 Oktober merupakan batas terakhir bagi pelanggan (atau pedagang XL Tunai) untuk melakukan pencairan dana XL Tunai dalam rangka penutupan akun.
Bapak/Ibu, Sebagai bagian dari proses penghentian layanan XL Tunai secara bertahap, maka untuk proses registrasi XL Tunai sudah tidak bisa lagi dilakukan.
Bapak/Ibu, sebagai bagian dari proses penghentian layanan XL Tunai, maka untuk proses registrasi XL Tunai sudah tidak bisa lagi diproses.
Bapak/Ibu, Informasi tersebut benar bahwa layanan XL Tunai akan dinonaktifkan serta dihentikan secara bertahap sejak tanggal 15 April 2020 sesuai dengan informasi yang terdapat pada surat kabar Koran Sindo, Koran Jakarta dan Kontan, termasuk website www.xl.co.id/id/xltunai (bagi pelanggan XL) dan www.axis.co.id/announcement (bagi pelanggan Axis).
Bapak/Ibu, dapat kami informasikan bahwa layanan XL Tunai mulai dihentikan per tanggal 15 April 2020, dan kesempatan untuk melakukan transaksi akhir guna penutupan akun XL Tunai dapat dilakukan sampai tanggal 31 Oktober 2020. Apabila belum dicairkan setelah tanggal tersebut, maka XL akan melakukan konversi otomatis sisa saldo dalam bentuk pulsa XL/Axis.
Bapak/Ibu, transaksi XL Tunai hanya dapat dilakukan via menu UMB *808# atau *123*120# untuk membeli pulsa XL/AXIS, transfer ke rekening bank yang diinginkan, atau transfer ke akun GoPay milik Bapak/Ibu sampai dengan tanggal 31 Oktober 2020. Apabila belum dicairkan setelah tanggal tersebut, maka XL akan melakukan konversi otomatis sisa saldo dalam bentuk pulsa XL/Axis.
Bapak/Ibu, nilai pulsa yang Bapak/Ibu peroleh adalah senilai sisa saldo yang masih dimiliki saat ini.
Bapak/Ibu, untuk semua pelanggan XL Tunai baik registered maupun unregistered, transaksi XL Tunai hanya bisa dilakukan di *808# atau *123*120# untuk beli pulsa XL/AXIS, transfer ke rekening bank yang diinginkan, atau transfer ke akun GoPay milik Bapak/Ibu sampai dengan tanggal 31 Oktober 2020.
Bapak/Ibu, untuk mengetahui jumlah saldo Bapak/Ibu dapat mengakses UMB *808# atau *123*120#, serta melakukan transaksi beli pulsa XL/Axis, transfer ke rekening bank, atau transfer ke akun GoPay milik Bapak/Ibu sampai dengan tanggal 31 Oktober 2020.
Bapak/Ibu, untuk mencairkan dana XL Tunai Bapak/Ibu dapat melakukan transaksi beli pulsa XL/Axis, transfer ke rekening bank, atau transfer ke akun GoPay milik Bapak/Ibu melalui menu UMB *808# sampai dengan tanggal 31 Oktober 2020.
Apabila Bapak/Ibu tidak lagi menggunakan kartu XL/Axis yang sebelumnya didaftarkan sebagai akun XL Tunai, dapat mengunjungi XL Center terdekat dengan membawa dokumentasi yang cukup dalam rangka pembuktian kepemilikan dana di XL Tunai.
Bapak/Ibu, AXIS menginformasikan kepada masyarakat termasuk pengguna XL Tunai mengenai penutupan layanan XL Tunai secara bertahap terhitung per tanggal 15 April 2020 dan telah diumumkan pada surat kabar Koran Sindo, Koran Jakarta dan Kontan pada tanggal 6 Maret 2020 dan 27 Oktober 2020, termasuk website www.xl.co.id/id/xltunai (bagi pelanggan XL) dan www.axis.co.id/announcement (bagi pelanggan Axis).
Bapak / Ibu, jika ada yang ingin ditanyakan bapak/ibu bisa menghubungi 817 melalui nomor XL dan 838 melalui nomor Axis atau melalui live chat di www.xl.co.id/id (pelanggan XL) dan www.axis.co.id (pelanggan Axis).
Cookies Image

Kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda menelusuri situs kami, untuk merekomendasikan produk yang sesuai, dan untuk menampilkan iklan yang relevan. Untuk mengetahui lebih lanjut informasi terkait cookie, silakan merujuk pada kebijakan privasi kami.

baca selengkapnya