XL Tunai Service Closure

PT XL Axiata Tbk. (“XL Axiata”) menginformasikan kepada seluruh masyarakat pengguna layanan XL Tunai bahwa kami akan menghentikan layanan XL Tunai secara bertahap terhitung sejak 15 April 2020. Pengguna layanan XL Tunai dapat melakukan pencairan saldo melalui menu *808#.

Proses penghentian layanan XL Tunai dan prosedur yang akan dijalankan telah mendapat persetujuan serta diawasi oleh Bank Indonesia.

Bagaimana cara menarik dana kamu?

Ada 3 cara untuk menarik dana XL Tunai kamu. Pilih salah satu untuk mempelajari caranya:

Icon XL Tunai

Top Up Pulsa

*808*1#

Icon XL Tunai

Transfer to GO-Pay

*808*2#

Icon XL Tunai

Transfer to Bank Account

*808*3#

Contact *808#
Image Mockup
Image Mockup
Image Mockup

Syarat & Ketentuan Penutupan Akun XL Tunai

  1. PT XL Axiata Tbk. (XL Axiata) menginformasikan kepada seluruh masyarakat pengguna layanan XL Tunai bahwa kami akan menghentikan layanan XL Tunai secara bertahap terhitung sejak 15 April 2020.
  2. Pengguna layanan XL Tunai dapat melakukan pencairan saldo melalui menu *808#
  3. Proses penghentian layanan XL Tunai dan prosedur yang akan dijalankan telah mendapat persetujuan serta diawasi oleh Bank Indonesia.
  4. Penutupan akun XL Tunai dapat dilakukan melalui akses menu USSD yang difasilitasi oleh XL Axiata, yakni melalui *808#, di mana Pemegang dapat melakukan transaksi kirim uang ke rekening bank milik Pemegang (atau rekening bank lain yang dapat diakses oleh Pemegang) atau ke akun GoPay milik Pemegang dalam rangka penampungan sisa saldo XL Tunai. Selain itu, untuk kemudahan penutupan akun, Pemegang dapat melakukan pembelian pulsa XL/Axis untuk menghabiskan sisa saldo akun XL Tunai-nya.
  5. Sesuai regulasi yang berlaku, Pemegang akun XL Tunai tipe Premium (registered) dapat melakukan transaksi pengiriman uang ke rekening bank, sementara Pemegang akun XL Tunai tipe Basic (unregistered) tidak dapat mencairkan sisa saldonya. Namun untuk keperluan penutupan akun XL Tunai, maka sesuai dengan persetujuan dari pihak Bank Indonesia sebagai regulator, maka XL memberikan kesempatan 1 (satu) kali kepada Pemegang akun XL Tunai tipe Basic untuk melakukan transaksi penarikan dana maupun pengiriman uang khusus dalam rangka penutupan akun XL Tunai.
  6. Penutupan akun XL Tunai melalui transaksi kirim uang ke rekening bank mengikuti ketentuan sebagai berikut:
    1. Nilai minimal yang dapat ditransfer dari akun XL Tunai ke rekening bank adalah Rp 10.000.
    2. Untuk setiap pengiriman uang melalui kirim uang ke rekening bank, Pemegang akan dikenai biaya Rp 6.500 per transaksi yang akan dikurangkan secara otomatis dari akun XL Tunai Pemegang.
    3. Oleh karena itu, Pemegang akan melakukan pengiriman sisa saldo XL Tunai setelah dikurangi biaya transfer sebesar Rp 6.500 ke rekening bank yang valid untuk mengakhiri penggunaan akun XL Tunai.
  7. Penutupan akun XL Tunai melalui transaksi kirim uang ke akun GoPay milik Pemegang mengikuti ketentuan sebagai berikut:
    1. Akun GoPay milik Pemegang wajib didaftarkan pada nomor XL/AXIS yang sama dengan nomor XL/AXIS yang terdaftar pada akun XL Tunai-nya.
    2. Transaksi pengiriman uang ini tidak dikenakan biaya (gratis), sehingga untuk setiap pengiriman uang ke akun GoPay milik Pemegang, Pemegang akan memperoleh nilai yang sama dengan nilai sisa saldo akun XL Tunai-nya.
    3. Pemegang akan memperoleh sisa saldo XL Tunai-nya pada akun GoPay milik Pemegang dalam waktu selambatnya 5 (lima) hari kerja sejak transaksi dilakukan oleh Pemegang via UMB *808#
  8. Selain dengan transaksi pengiriman uang dalam rangka penutupan akun XL Tunai, Pemegang juga masih dapat melakukan transaksi pembelian pulsa XL/Axis untuk menghabiskan sisa saldo XL Tunai-nya. Penutupan akun XL Tunai melalui transaksi pembelian pulsa XL/Axis mengikuti ketentuan sebagai berikut:
    1. Pembelian pulsa XL/Axis akan menghabiskan sisa saldo XL Tunai milik Pemegang dalam rangka penutupan akun XL Tunai-nya.
    2. Pemegang akan memperoleh pulsa XL/Axis sejumlah nilai sisa saldo XL Tunai-nya dalam waktu selambatnya 5 (lima) hari kerja sejak transaksi dilakukan oleh Pemegang via UMB *808#
  9. Dengan melakukan penutupan akun XL Tunai Pemegang dengan ini menyatakan dan menjamin:
    • Pemegang telah membaca, memahami, dan menyatakan setuju untuk terikat dengan seluruh Syarat dan Ketentuan Penutupan Akun XL Tunai yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.
    • Pemegang telah membaca, memahami, dan melakukan verifikasi sendiri terhadap sisa saldo yang dikonversi dalam bentuk produk atau dikembalikan secara cash kepada Pemegang, dan dengan demikian Pemegang membebaskan XL Axiata dari segala kesalahan atau ketidakakuratan data terkait konversi atau pengembalian sisa saldo XL Tunai miliknya.
    • Pemegang sepenuhnya bertanggung jawab terhadap penyalahgunaan dan penanganan yang salah atas kartu SIM (Subscriber Identity Module) XL yang memiliki akun XL Tunai di dalamnya, termasuk segala transaksi dan kejadian yang terkait dengan penutupan akun XL Tunai ini. Oleh karena itu, XL Axiata dibebaskan, dilepaskan, dan tidak bertanggung jawab atas segala kewajiban, tuntutan hukum, gugatan, kehilangan, dan kerugian yang muncul dari aktivitas fraud yang disebabkan oleh kelalaian Pemegang atas kartu SIM tersebut.
  10. Pemegang menyadari sepenuhnya akan kemungkinan terjadinya peristiwa kahar (force majeure) yang dapat menyebabkan XL Axiata tidak dapat memenuhi kewajibannya sehubungan dengan penutupan akun XL Tunai ini. Peristiwa kahar tersebut termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kebakaran, peperangan, huru hara, pemogokan, pemberontakan, epidemi, sabotase, tindakan pemerintah di bidang moneter dan peristiwa lainnya di luar kuasa dan kemampuan XL Axiata, di mana XL Axiata dibebaskan dari tanggung jawab dalam keadaan tersebut.
  11. Untuk keperluan penutupan akun XL Tunai, Pemegang dengan ini memberi izin, persetujuan, kuasa, dan kewenangan kepada XL Axiata untuk melakukan segala tindakan yang dinilai baik dan perlu oleh XL Axiata untuk memastikan kebenaran Identitas Pemegang guna validasi akun XL Tunai miliknya. Meskipun demikian, Pemegang menjamin bahwa identitas serta data dan informasi yang diberikan oleh Pemegang ke XL Axiata adalah benar dan akurat.
  12. XL Axiata akan melakukan verifikasi data Pemegang XL Tunai dengan berpedoman pada data Pemegang yang tersimpan pada sistem XL Axiata. XL Axiata berhak untuk menolak penutupan akun serta pengembalian saldo XL Tunai apabila berdasarkan hasil verifikasi data Pemegang tidak sesuai dengan data Pemegang yang tersimpan pada sistem XL Axiata.
  13. Khusus Pemegang akun XL Tunai tipe Basic (unregistered) yang tidak memiliki PIN (Pemegang Type 1) yang hendak melakukan transaksi pengiriman uang ke rekening bank/akun GoPay atau melakukan pembelian pulsa XL/Axis, dapat melakukan validasi akun XL Tunai-nya terlebih dahulu sebagai berikut:
    1. Mengirimkan e-mail ke xltunaivalidation@xl.co.id, dengan Subject: Validasi Data Pemegang Type 1.
    2. Mengikuti petunjuk yang diberikan via e-mail untuk proses validasi data Pemegang.
    3. Proses validasi data Pemegang XL Tunai akan memerlukan waktu selambatnya 5 (lima) hari kerja sejak penyampaian data dilakukan oleh Pemegang.
  14. Apabila Pemegang masih memiliki saldo dan belum melakukan penutupan akun XL Tunai hingga 15 Juni 2020, maka XL Axiata dapat melakukan konversi sisa saldo menjadi pulsa XL/Axis dan Pemegang dianggap telah melakukan penutupan akun XL Tunai-nya.
  15. Syarat dan Ketentuan Penutupan Akun XL Tunai ini diatur dan diartikan menurut hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
  16. XL Axiata dapat mengubah Syarat dan Ketentuan ini dengan pemberitahuan kepada Pemegang atau diumumkan melalui www.xl.co.id/id/xltunai dan www.axis.co.id/announcement.
  17. Pertanyaan dan keluhan Pemegang terkait penutupan akun XL Tunai, dapat disampaikan melalui fitur live chat yang tersedia di www.xl.co.id/id/xltunai (untuk pelanggan XL) dan secara lisan melalui Call Center 838 (untuk pelanggan Axis).
Kenapa Saya tidak bisa melakukan registrasi XL Tunai?
Bapak/Ibu, Sebagai bagian dari proses penghentian layanan XL Tunai secara bertahap, maka untuk proses registrasi XLTunai sudah tidak bisa lagi dilakukan.
Bapak/Ibu, sebagai bagian dari proses penghentian layanan XL Tunai, maka untuk proses registrasi XL Tunai sudah tidakbisa lagi diproses
Bapak/Ibu, mulai hari ini hingga 15 April 2020, transaksi XL Tunai hanya bisa dilakukan di *808# untuk beli pulsa AXIS atautransfer bank ke rekening bank yang diinginkan
Bapak/Ibu, untuk semua pelanggan XL Tunai mulai hari ini hingga 15 April 2020, transaksi XL Tunai hanya bisa dilakukan di*808# untuk beli pulsa AXIS atau transfer bank ke rekening bank yang diinginkan.
Bapak/Ibu, Dapat Kami informasikan bahwa Saldo XL Tunai Bapak/Ibu akan tetap dapat digunakan untuk beli pulsa AXISdan transfer ke rekening bank yang diinginkan sampai dengan tanggal 15 April 2020. Untuk mengetahui jumlah saldoBapak/Ibu dapat menakses UMB *808# atau *123*120#
Bapak/Ibu, Untuk mencairkan dana XL Tunai Bapak/Ibu dapat melakukan transfer ke rekening Bank yang diinginkan denganakses UMB *808# dan dapat memilih menu transfer ke bank.
Bapak/Ibu, dapat Kami informasikan bahwa layanan XL Tunai akan dinonaktifkan serta tidak dapat digunakan lagiterhitung per tanggal 15 April 2020
Bapak/Ibu, dapat Kami informasikan selama proses penutupan Layanan XL Tunai, ada beberapa merchant/partner yangsudah tidak melanjutkan kerjasama cash-in/cash-out, termasuk Indomaret/Alfamart
Bapak/Ibu, Informasi tersebut benar bahwa layanan XL Tunai akan dinonaktifkan serta tidak dapat digunakan lagiterhitung per tanggal 15 April 2020 sesuai dengan informasi yang terdapat pada surat kabar Koran Sindo, Koran Jakartadan Kontan dan juga website XL AXIATA Axiata
Bapak/Ibu, XL AXIATA Axiata menginformasikan kepada masyarakat termasuk pengguna XL Tunai mengenai penutupanlayanan XL Tunai secara bertahap terhitung per tanggal 15 April 2020 pada surat kabar Koran Sindo, Koran Jakarta danKontan dan juga website XL AXIATA Axiata.
Bapak/Ibu, hal tersebut sebagai bagian dari proses penghentian layanan XL Tunai maka SMS tersebut dikirimkan sebagaiinformasi untuk pelanggan XL Tunai bahwa Pada tanggal 15 April 2020 Layanan XL Tunai akan dihentikan.
Bapak /Ibu, SMS tersebut merupakan informasi bahwa transaksi isi saldo/Cash-in XL Tunai sudah tidak bisa dilakukan lagisebagai salah satu proses penutupan Layanan XL Tunai.
Bapak / Ibu, jika ada yang ingin ditanyakan bapak/ibu bisa menghubungi 817 melalui nomor XL AXIATA dan 838 melaluinomor Axis.
Cookies Image

Kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda menelusuri situs kami, untuk merekomendasikan produk yang sesuai, dan untuk menampilkan iklan yang relevan. Untuk mengetahui lebih lanjut informasi terkait cookie, silakan merujuk pada kebijakan privasi kami.

Logo